Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Materi Bangun Ruang di SD Karangkemiri

Rahayuni, Galuh and Umayah, Urip and Aprilia, Erni Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Materi Bangun Ruang di SD Karangkemiri. Pengembangan Media Pembelajaran Smart Apps Creator Materi Bangun Ruang di SD Karangkemiri. (Submitted)

[thumbnail of Artikel Galuh.pdf] Text
Artikel Galuh.pdf - Submitted Version

Download (177kB)

Abstract

Anak sekolah dasar pada usia 10-11 tahun sedang memasuki tahap operasional konkret. Gaya belajar yang
dimiliki anak usia ini juga berbeda-beda, sehingga kegiatan belajar mengajar memerlukan media dengan
menyesuaikan karakter belajar peserta didik, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Guru dapat
menggunakan media elektronik untuk membantu proses belajar mengajar seperti media pembelajaran berbasis smart
apps creator. Media dibuat dengan menampilkan teks, gambar, audio, video, dan soal evaluasi secara bersama dan
diharapkan dapat membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu
mengembangkan media pembelajaran smart apps creator materi bangun ruang di SD Karangkemiri. Tujuan
selanjutnya yaitu untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran smart apps creator materi bangun ruang
di SD Karangkemiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Researchand
Development / RnD). Model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari Analysis (analisis), Design (desain),
Development (pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil yang diperoleh
selama penelitian berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, yaitu ahli materi mendapat 87,5% dengan kriteria sangat
layak, ahli media mendapat 90,3% dengan kriteria sangat layak, sehingga media dapat dilakukan pengujian pada tahap
selanjutnya. Hasil penilaian pada pengujian yang terakhir yaitu uji lapangan yang dilakukan pada 1 guru dan seluruh
siswa kelas V SD Negeri Karangkemiri memperoleh penilaian dari guru sebesar 87,5% dengan kriteria sangat
layakdan respon siswa memperoleh 92,8% dengan kriteria sangat layak. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang
dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran kelas V

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD)
Depositing User: Rizki Handayani S.I.Pust.
Date Deposited: 23 Feb 2024 03:00
Last Modified: 23 Feb 2024 03:00
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/144

Actions (login required)

View Item
View Item