Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Ketrampilan Tangan Kolase Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Wangon Tahun Pelajaran 2019/2020

Sunyi, Munyati (2020) Peningkatan Prestasi Belajar Seni Budaya Dan Ketrampilan Tangan Kolase Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas IV MI Muhammadiyah Wangon Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (464kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_SUNYI MUNYATI_PGMI.pdf] Text
SKRIPSI FULL_SUNYI MUNYATI_PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan di Sekolah Dasar pelaksanaannya harus sesuai dengan tahap perkembangan anak dan diselaraskan dalam Kompetensi Dasar dan Standar Kompetensi yang ada. Dengan demikian, anak akan mampu menguasai keterampilan (kolase) dengan baik.
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar seni budaya dan keterampilan tangan kolase siswa kelas IV MI Muhammadiyah Wangon Tahun Pelajaran 2019/2020 setelah pembelajaran dengan metode demonstrasi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan tindakan melalui dua siklus setiap siklus. Tahap tindakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan untuk mengukur persentase ketuntasan nilai siswa. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Muhammadiyah Wangon Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas yang berjumlah 27 (duapuluh tujuh) siswa terdiri 13 (tigabelas) siswa laki-laki dan 14 (empatbelas) siswa perempuan. Penghimpunan data dilakukan dengan cara tes evaluasi, observasi aktivitas, dokumen-dokumen sekolah yang mendukung.
Kesimpulan penelitian, Metode demonstrasi membuat kolase dengan kertas lipat terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran seni budaya dan keterampilan bagi siswa kelas IV MI Muhammadiyah Wangon. Peningkatan jumlah siswa tuntas belajar pada pra siklus sebesar 14 siswa dari 27 siswa (61,91%). Pada siklus I naik menjadi 20 siswa dari 27 siswa (74,07%), dan pada siklus II meningkat menjadi 25 siswa dari 27 siswa (92,59%) dengan rata-rata 84,22.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Ketrampilan Tangan Kolase
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:02
Last Modified: 21 Feb 2024 07:02
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item
View Item