Irfan, Fadilah (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK ANAK DI PANTI ASUHAN AL-MUHTAR CILACAP. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (145kB)
BAB II.pdf
Download (241kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (209kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (39kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (96kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (623kB)
SKRIPSI FULL IRFAN FADILAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pada hakikatnya semua anak memiliki hak yang sama untuk berkembang. Tentunya berbeda anak-anak yang tinggal di panti asuhan dengan anak-anak yang masih tinggal dengan orang tuanya ketika mendapatkan bimbingan dari keluarga. Sikap setiap orang sama dalam perkembangannya, tetapi berbeda dalam pembentukannya. Hal ini menyebabkan adanya perbedaan sikap seseorang atau individu dengan sikap temannya, keluarganya, dan tetangganya. Pengetahuan mengenai tahapan perkembangan anak, mengenali dan memahami tanda-tanda perubahan sikap anak baik perilaku positif maupun negatif, berkomunikasi dan bekerja bersama anak secara individual maupun kelompok menjadi point penting dalam berlangsungnya pembentukan akhlak yang baik.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pengasuh dalam pembentukan akhlak anak di panti asuhan Al-Muhtar Cilacap?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pengasuh dalam pembentukan akhlak anak di panti asuhan Al-Muhtar Cilacap.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan Field Research (penelitian lapangan) dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa strategi komunikasi yang digunakan oleh pengasuh dalam membentuk akhlak anak di panti asuhan Al-Muhtar Cilacap yakni pengasuh menggunakan strategi sebagai berikut: (1) Strategi Keteladanan, (2) Strategi Latihan dan Pembiasaan, (3) Strategi Nasehat, (4) Strategi Kedisiplinan.
===========================================================================
Basically all children have the same right to evolve. Certainly not the children who live in orphanages with children who live with their parents when they receive guidance from their families. Everyone behaves the same in its development, but different in its establishment. This causes a difference in attitudes between a person and an individual and that of his or her friends, family, and neighbors. Knowledge of the stages of a child’s development, recognizing and understanding changes in a child’s attitudes both positive and negative behavior, communicating and working with the child individually and in groups becomes a key point in good sexual development.
The problem with this research is how the nanny communication strategy in the development of children at the Al-Muhtar Cilacap orphanage is? The purpose of this study is to know the strategy of nanny communication in the development of children at the Al-Muhtar Cilacap orphanage.
The type of research conducted is field research with the research approach used is qualitative, which results in a descriptive data of written or spoken words from people and observable behavior.
The results of this study explain that communication strategies used by caregivers to form children at the al-muhtar cilacap orphanage, caregivers use strategies as follows: (1) an example strategy, (2) a practice and breeding strategy, (3) a counsel strategy, (4) a disciplinary strategy.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Irfan Fadilah (1823311014) |
Uncontrolled Keywords: | strategi, komunikasi, akhlak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 29 May 2024 12:27 |
Last Modified: | 29 May 2024 12:27 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/352 |