STRATEGI DAKWAH PROF. DR. KH. MOHAMMAD ROQIB, M.AG. DI KABUPATEN BANYUMAS

Anjaha, Naufal Muhammad (2022) STRATEGI DAKWAH PROF. DR. KH. MOHAMMAD ROQIB, M.AG. DI KABUPATEN BANYUMAS. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (354kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Anjaha Naufal Muhammad-OK.pdf] Text
Skripsi Anjaha Naufal Muhammad-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas dakwah bisa berjalan dengan baik apabila ada kesinambungan antara da’i dengan mad’u-nya. Apa yang disampaikan oleh da’i bisa diterima dan dapat membuat perubahan pada diri mad’u dan itu membutuhkan strategi. Strategi dakwah adalah suatu proses menentukan cara dan daya upaya untuk menghadapi sasaran dakwah dalam situasi dan kondisi tertentu guna mencapai tujuan dakwah secara optimal, efektif, dan efisien. Selain itu, dakwah juga harus dilakukan oleh da’i yang berkompeten di bidangnya, bukan da’i abal-abal bahkan asal bicara. Kabupaten Banyumas memiliki banyak tokoh da’i yang berkompeten dan turut memenuhi berbagai dimensi. Diantaranya Prof. Dr. KH. Mohammad Roqib, M.Ag., yang telah melakukan proses dakwah melalui berbagai aspek kehidupan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dakwah dan faktor yang menghambat dan mendukung dakwah beliau. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field research atau penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif. Penyajian data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman, yaitu menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyaijan data, dan pengambilan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa, strategi dakwah yang digunakan Prof. Dr. KH. Mohammad Roqib, M.Ag., adalah (1) Strategi dakwah melalui lembaga, dakwah diterapkan melalui pendidikan yang meliputi pendidikan formal, non formal, pengajian umum, dan organisasi sosial-keagamaan. Sehingga dapat dicapai yaitu arus informatif dalam struktur lembaga dan kebijakan program lembaga yang menggunakan dasar-dasar keislaman. Kemudian, (2) strategi digital dengan menggunakan media masa kini untuk dimanfaatkan sebaik mungkin demi kelangsungan dakwah yang efektif dan efisien. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa fator utamanya adalah pendidikan karena pendidikan sendiri merupakan proses perubahan dan strategi adalah alatnya. Sedangkan hambatan dan pendukung yang dapat menjadi noise namun itulah tantangan sebenarnya untuk tumbuh dan berkembang.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Anjaha Naufal Muhammad (1923312001)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Prof. Dr. KH. Mohammad Roqib, M.Ag., Lembaga
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:19
Last Modified: 21 Jun 2024 03:19
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/361

Actions (login required)

View Item
View Item