Anisa, Lutfiatun Zakiyah (2024) STUDI PENGALAMAN GURU KELAS DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI YA BAKII KARANGJENGKOL. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
halaman depan_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI-dikompresi.pdf
Download (720kB)
BAB I_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Download (256kB)
BAB II_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Download (580kB)
BAB III_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (294kB) | Request a copy
BAB IV_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB) | Request a copy
BAB V_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Download (160kB)
DAFTAR PUSTAKA_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Download (150kB)
DAFTAR LAMPIRAN_Anisa Lutfiatun Z_1823221009_PGMI.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI FULL ANISA LUTFIATUN Z.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengalaman guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran matematika di MI Ya BAKII Karangjengkol. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara mendalam dan studi dokumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara dan pedoman studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi. Tiangulasi yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari 3 tahapan, yaitu: reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Sumber belajar yang digunakan berupa berbagai macam antara lain LKS, buku paket, internet, alat peraga dan lingkungan alam sekitar, 2) Pengelolaan peserta didik di MI Ya BAKII Karangjengkol guru senantiasa menciptakan hubungan baik dengan para siswanya dengan memberikan kebebasan tetapi tetap memberikan Batasan untuk perilaku yang boleh dilakukan dan tidak. Guru juga memberikan reward atau penghargaan bagi siswa yang berperilaku positif, 3) Dalam kegiatan pembelajaran sudah cukup baik dilakukan, cara guru menciptakan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan dan mampu mengondisikan jika terjadi gangguan saat pembelajaran berlangsung, hanya saja dalam penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, 4) Penilaian pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan 3 aspek, pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Pengetahuan didapatkan dari nilai harian dan PTS/PAS, ketrampilan didapatkan dari hasil proyek, portofolio, dan unjuk kerja sedangkan untuk penilaian sikap diperoleh dari pengamatan secara langsung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Anisa Lutfiatun Zakiyah (1823221009) |
Uncontrolled Keywords: | Sumber Belajar, Pembelajaran, Pengelolaan, Penilaian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:49 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:49 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/383 |