Sumarginingsih, Arifah Romawati (2021) Efektivitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Santri. Other thesis, universitas nahdlatul ulama al ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (172kB)
BAB II.pdf
Download (292kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (417kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsentrasi belajar santri sebelum diberi layanan konseling kelompok dengan teknik self management, (2) mengungkap efektivitas penggunaan teknik self management dengan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan konsentrasi belajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequvalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Raudlatul Huda Adipala pada bulan Desember 2020. Populasi pada penelitian ini adalah santri kelas satu MADIN putri. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sempel yang diambil pada penelitian ini adalah santri yang memiliki konsentrasi belajar rendah terdiri atas kelompok kontrol yang berjumlah 7 santri dan kelompok eksperimen yang berjumlah 8 santri. Treatmeant layanan konseling kelompok dengan teknik self management hanya diberikan pada kelompok eksperiment dan tidak diberikan kepada kelompok kontrol. Intrument pengumpulan data berupa angket. Uji validitas menggunakan kolerasi product moment angka kasar dan uji reabilitas adalah koefisient Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsentrasi belajar santri sebelum diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management adalah rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pre-test yang peneliti berikan kepada santri. Konsentrasi belajar santri setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik self management menjadi tinggi. Hal ini dibuktikan dari jumlah hasil post test yang peneliti berikan kepada santri. Terdapat pengaruh positif penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan konsentrasi belajar santri antara sebelum dan sesudah pemberian treatmeant. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis berdasarkan hasil output tabel SPSS. Hasil independen sample t-test nilai sig adalah sebesar 0,74>0,05, maka variabel data homogen dan Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh positif pada konsentrasi belajar santri.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Self Management, Konsentrasi Belajar, Santri. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bimbingan Konseling (BK) |
Depositing User: | Ngarifin S.Kom.I. |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 04:11 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:16 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/484 |