Efektivitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Santri

Sumarginingsih, Arifah Romawati (2021) Efektivitas Teknik Self Management untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Santri. Other thesis, universitas nahdlatul ulama al ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsentrasi belajar santri sebelum diberi layanan konseling kelompok dengan teknik self management, (2) mengungkap efektivitas penggunaan teknik self management dengan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan konsentrasi belajar.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequvalent Control Group Desain. Penelitian ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Raudlatul Huda Adipala pada bulan Desember 2020. Populasi pada penelitian ini adalah santri kelas satu MADIN putri. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Sempel yang diambil pada penelitian ini adalah santri yang memiliki konsentrasi belajar rendah terdiri atas kelompok kontrol yang berjumlah 7 santri dan kelompok eksperimen yang berjumlah 8 santri. Treatmeant layanan konseling kelompok dengan teknik self management hanya diberikan pada kelompok eksperiment dan tidak diberikan kepada kelompok kontrol. Intrument pengumpulan data berupa angket. Uji validitas menggunakan kolerasi product moment angka kasar dan uji reabilitas adalah koefisient Alpha. Teknik analisis data menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsentrasi belajar santri sebelum diberikan layanan konseling kelompok menggunakan teknik self management adalah rendah. Hal ini dibuktikan dari hasil pre-test yang peneliti berikan kepada santri. Konsentrasi belajar santri setelah diberi layanan konseling kelompok dengan teknik self management menjadi tinggi. Hal ini dibuktikan dari jumlah hasil post test yang peneliti berikan kepada santri. Terdapat pengaruh positif penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management untuk meningkatkan konsentrasi belajar santri antara sebelum dan sesudah pemberian treatmeant. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis berdasarkan hasil output tabel SPSS. Hasil independen sample t-test nilai sig adalah sebesar 0,74>0,05, maka variabel data homogen dan Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 <0,05, maka penggunaan layanan konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh positif pada konsentrasi belajar santri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Konsentrasi Belajar, Santri.
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bimbingan Konseling (BK)
Depositing User: Ngarifin S.Kom.I.
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:11
Last Modified: 22 Aug 2024 04:16
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item
View Item