Anisatul, Farida (2021) Nilai-nilai Pendidikan Keluarga dalam Novel Hati Suhita Karya Khilma Anis. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (2MB)
BAB 1.pdf
Download (2MB)
BAB 2.pdf
Download (2MB)
BAB 3.pdf
Download (2MB)
BAB 4.pdf
Download (2MB)
BAB 5.pdf
Download (2MB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI FULL ANISATUL FARIDA_PAI21.pdf
Download (2MB)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa saja nilai-nilai pendidikan keluarga yang terkandung dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis. Tujuannya adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan keluarga yang terdapat dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis.
Proses pendidikan yang pertama dan paling utama adalah didalam keluarga (lembaga pendidikan nonformal). Sebagai seorang pemimin dalam keluarga, seorang kepala keluarga hendaknya memberikan bimbingan dan pendidikan bagi setiap anggota keluarganya, baik itu istri maupun anak-anaknya. Dengan bertambahnya pengetahuan dan wawasan maka akan memudahkan perannya sebagai pengelola dalam rumah tangga. Sebagai seorang muslim, tentunya menginginkan tercapainya keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Islam adalah agama keluarga selalu mengikusertakan keterlibatan seseorang muslim dalam keluarganya dan kewajibannya dalam rumah tangga. Dalam lingkungan keluarga, anggota keluarga memiliki peran yang berbeda-beda, kemudian dari peran itulah akan melahirkan kewajiban hak masing-masing anggota keluarga. Selanjutnya kewajiban dan hak setiap anggota keluarga diketahui dan disosialisasikan dalam proses pendidikan keluarga sehingga setiap anggota keluarga dapat menjalankan perannya dengan baik dan merasa diperlakukan dengan adil.
Penelitian dengan judul Nilai-nilai pendidikan keluarga dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis merupakan jenis penelitian naskah yang datanya diperoleh dari kajian literatur melalui riset kepustakaan. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yaitu cara data dengan menggali informasi pada dokumen-dokumen, baik itu berupa kertas, video, benda dan lainnya. Dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif .
Hasil dari penelitian dengan judul nilai-nilai pendidikan keluarga dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis yaitu (1) Pendidikan keluarga bagi suami, (2) Pendidikan keluarga bagi istri, (3) Pendidikan keluarga bagi anak. Dari ketiga aspek tersebut meliputi kewajiban dan haknya masing-masing dalam keluarga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai Pendidikan Keluarga, Novel Hati Suhita |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 06:56 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 06:56 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/97 |