Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Akhlak Mulia Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Permata Hati Purwokerto

Ika, Juniarti (2020) Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Akhlak Mulia Anak Tunarungu di Sekolah Inklusi Permata Hati Purwokerto. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_IKA JUNIARTI_PAI20.pdf] Text
SKRIPSI FULL_IKA JUNIARTI_PAI20.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran yang dilaksanakan selama ini masih bersifat massal, meskipun guru sangat terlihat kewalahan menghadapi peserta didik dengan berbagai ketunaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter siswa tunarungu, dimulai dari materi-materi yang diberikan, kerjasama antar guru dan orang tua, serta kebiasaan sehari-hari yang diterapkan di SMP Permata Hati Purwokerto.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu SMP Permata Hati Purwokerto, Guru PAI Sekolan Inklusi Permata Hati Purwokerto, Kepala Sekolah SMP Permata Hati Purwokerto, dan Dewan guru di Sekolan Permata Hati Purwokerto. Adapun obyek penelitian ini adalah upaya guru PAI dalam membentuk karakter akhlak mulia anak Tunarungu disekolah Inklusi Permata Hati Purwokrto.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran/RPP masih belum dirancang khusus untuk ABK dan belum benar-benar di sesuaikan dengan masing-masing ketunaan yang di sandang oleh peserta didik. Saat pembelajaran PAI guru belum terlalu menggunakan metode dan strategi-strategi khusus, tetapi guru berusaha mengoptimalkan kemampuan peserta didik serta melakukan penyesuaian-penyesuaian. Penyesuaian tersebut yaitu seperti penyesuaian materi, metode dan media pembelajaran. Juga disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan dan kemampuan peserta didik sehingga peserta didik lebih mudah menerima dan memahami materi yang disampaikan. Adapun Evaluasi pembelajaran di SLB Negeri Kroya sama seperti sekolah pada umumnya, dengan mengadakan ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. Evaluasi dilakukan dengan dua cara yaitu dengan non tes dan tes. Evaluasi dengan non tes yaitu guru memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil, khususnya pada saat proses pembelajaran di kelas. Evaluasi dengan tes menggunakan tes tertulis ataupun tes lisan. kegiatan evaluasi disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik. Penyesuaian tersebut meliputi penyesuaian materi atau isi, penyesuaian cara dan penyesuaian alat evaluasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, Karakter akhlak mulia, Anak Tunarungu.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:58
Last Modified: 21 Feb 2024 06:58
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/105

Actions (login required)

View Item
View Item