PERFORMA TEKNIK MARKER BASED TRACKING PADA SISTEM AUGMENTED REALITY PENGENALAN TRANSPORTASI UMUM

Khoerul, Anam (2021) PERFORMA TEKNIK MARKER BASED TRACKING PADA SISTEM AUGMENTED REALITY PENGENALAN TRANSPORTASI UMUM. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of SKRIPSI KHOERUL ANAM.pdf] Text
SKRIPSI KHOERUL ANAM.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda tersebut dalam waktu yang bersamaan. Salah satu metode AR yang berkembang yaitu teknik marker based tacking. Teknologi AR memiliki banyak fungsi dibidang edukasi salah sebagai alat pengenalan transportasi umum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui performa dari teknik marker based tracking yang diterapkan dalam sistem augmented reality pengenalan transportasi umum.
Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah model MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang terdiri dari concept, design, material collecting, assembling dan testing. Sistem ini dikembangkan menggunakan software Game Engine Unity serta menggunakan bahasa pemrogaman C# dan teknik marker based tracking dalam proses pengujian.
Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian pada sistem AR pengenalan transportasi umum berjalan dengan baik. teknik marker based tracking yang digunakan untuk mengukur kecepatan munculnya objek 3D memiliki performa yang cukup baik. Proses pengujian dilakukan dengan 2 device/smartphone terhadap 10 marker yang memiliki rating bintang 5 dan rating bintang 4 dengan jarak yang sama. Pada device 1 dan 2 Marker dengan rating bintang 5 rata-rata dapat terdeteksi dengan lebih cepat dibanding dengan marker dengan rating bintang 4. Marker vespa merupakan marker dengan rating bintang 5 memiliki performa yang paling cepat. Sedangkan taxi dan kapal boat merupakan marker dengan performa paling lama. Dari lima jarak yang digunakan dalam pengujian maka diperoleh hasil semakin jauh jarak antara marker dengan kamera maka semakin lama sistem menedeteksi marker. Jarak ideal berdasarkan pengujian yang dilakukan adalah jarak antara perangkat dengan marker adalah pada posisi jarak antara 30 cm dengan 50 cm karena semua marker dapat terdeteksi dengan rata-rata kecepatan yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Khoerul Anam (17552011002)
Uncontrolled Keywords: augmented reality, MDLC, marker based tracking
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Komputer (FMIKOM) > Prodi Informatika (INF)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 15 Mar 2024 07:02
Last Modified: 15 Mar 2024 07:02
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item
View Item