PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIAH PONDOK PESANTREN ASAASUNNAJAAH KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2021

Fatin, Fathurrohmah (2022) PENGARUH IMPLEMENTASI MANAJEMEN KURIKULUM TERHADAP PRESTASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIAH PONDOK PESANTREN ASAASUNNAJAAH KESUGIHAN CILACAP TAHUN 2021. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of 665. MPI SKRIPSI FATIN FATHURROHMAH.pdf] Text
665. MPI SKRIPSI FATIN FATHURROHMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of HALAMAN DEPAN PDF.pdf] Text
HALAMAN DEPAN PDF.pdf

Download (787kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of BAB IV.docx.pdf] Text
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (951kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui manajemen kurikulum pesantren yang ada di Madrasah Diniah PP Asaasunnajaah Cilacap, (2) mengungkap bagaimana prestasi belajar santri di Madrasah Diniah PP Asaasunnajaah Cilacap.
Berdasarkan metodenya, jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini yang dijadikan populasi adalah seluruh tenaga pendidik di Madrasah Diniah PP Asaasunnajaah Kesugihan Cilacap tahun 2021 yang berjumlah 30 orang dan peserta didik lulusan tahun 2021 kelas II ‘Ulya yang berjumlah 20 peserta didik. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dengan menggunakan regresi yang sederhana.
Hasil analisa data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi manajemen kurikulum di maddin PP Asaasunnajah dilihat dari hasil penilaian 30 responden menunjukkan bahwa implementasi kurikulum disini berada didalam kategori sedang yakni 53% yang berarti implementasi yang ada sudah berjalan dengan baik, namun belum maksimal. (2) Prestasi belajar santri yang dilihat dari lulusan di maddin PP Asaasunnajaah yang berjumlah 20 peserta didik, diambil dari nila rata-rata raport berada dalam kategori sedang yaitu sebesar 45%, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel implementasi manajemen kurikulum pesantren terhadap prestasi belajar santri (peserta didik) yang memperoleh 0,990. Jadi kontribusi implementasi manajemen kurikulum terhadap prestasi belajar di maddin pp Asaasunnajaah Kesugihan Cilacap memiliki pengaruh yang signifikan melalui perhitungan thitung > ttabel yaitu 0,990>0,05 sehingga variabel X (manajemen kurikulum) terhadap Y (prestasi belajar) memiliki pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum Pesantren, Prestasi Belajar Santri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 09 Jul 2023 05:33
Last Modified: 09 Jul 2023 05:33
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/18

Actions (login required)

View Item
View Item