KONVERSI MOTOR BENSIN MANUAL MENJADI MOTOR LISTRIK

Dany, Pamungkas (2024) KONVERSI MOTOR BENSIN MANUAL MENJADI MOTOR LISTRIK. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I .pdf] Text
BAB I .pdf

Download (211kB)
[thumbnail of BAB II .pdf] Text
BAB II .pdf

Download (669kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TUGAS AKHIR DANY PAMUNGKAS.pdf] Text
TUGAS AKHIR DANY PAMUNGKAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konversi motor bensin manual menjadi motor listrik dilakukan untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar minyak. Komponen yang digunakan dalam konversi ini menggunakan seperangkat KIT konversi motor listrik. Ada 3 komponen utama yaitu motor BLDC, baterai dan kontroler. Dimana ruang bakar digantikan dengan BLDC motor. Konversi ini menggunakan motor BLDC 2 kW, baterai 72 v 20 Ah dan kontroler juken 10. Konversi ini menghasilkan motor listrik dengan tetap mempertahankan gigi transmisi agar pengguna tetap dapat menikmati sensasi perpindahan gigi dalam pengaturan kecepatan. Sepeda motor konversi ini dirancang mirip dengan aslinya dengan kecepatan yang tidak berbeda jauh dengan tambahan 2 mode kecepatan. Dari hasil pengujian dynotest mode 1 menghasilkan torsi tertinggi 13,96 Nm pada gigi 1 dan 10.893 rpm pada gigi 4 dan pada mode 2 menghasilkan torsi tertinggi 16,55 pada gigi 1 dan 12.349 rpm pada gigin 4. Pada pengujian kecepatan di jalan mode 1 menghasilkan kecepatan 70 km/jam dalam waktu 1,06 menit pada jarak 0,85 km dan pada mode 2 menghasilkan kecepatan 80 km/jam dalam waktu 1,04 menit pada jarak 0,98 km. jarak maksimal yang dapat di tempuh pada pengujian di jalanan sebesar 15 km.
===========================================================================
The conversion of a manual petrol motorbike to an electric motorbike was carried out to minimize the use of fuel oil. The components used in this conversion use a set of electric motor conversion KIT. There are 3 main components, namely the BLDC motor, battery and controller. where the combustion chamber is replaced with a BLDC motor. This conversion uses a 2 kW BLDC motor, 72 v 20 Ah battery and juken 10 controller. This conversion produces an electric motor while maintaining the transmission gear so that users can still enjoy the sensation of shifting gears in speed settings. This conversion motorbike is designed to be similar to the original with a speed that is not much different with the addition of 2 speed modes. From the dynotest test results, mode 1 produces the highest torque of 13.96 Nm in 1st gear and 10,893 rpm in 4th gear and in mode 2 it produces the highest torque of 16.55 in 1st gear and 12,349 rpm in 4th gear. In the road speed test, mode 1 produces a speed of 70 km/hour in 1.06 minutes at a distance of 0.85 km and in mode 2 it produces a speed of 80 km/hour in 1.04 minutes at a distance of 0.98 km. The maximum distance that can be traveled in road testing is 15 km.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dany Pamungkas (19212013006)
Uncontrolled Keywords: Motor Listrik, Konversi, Torsi, Kecepatan Electric Motor, Conversion, Torque, Speed
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TP Chemical technology
Divisions: Fakultas Teknologi Industri (FTI) > Prodi Teknik Mesin (TMES)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 25 May 2024 12:46
Last Modified: 25 May 2024 12:46
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/260

Actions (login required)

View Item
View Item