Siti, Nur Fadhilah (2022) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SMA YA BAKII KESUGIHAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
SKRIPSI JILID pdf.pdf
Download (2MB)
cover pdf.pdf
Download (1MB)
BAB I pdf.pdf
Download (431kB)
BAB II pdf.pdf
Download (392kB)
BAB III pdf.pdf
Download (221kB)
BAB IV pdf.pdf
Download (440kB)
BAB V pdf.pdf
Download (202kB)
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf
Download (308kB)
LAMPIRAN pdf.pdf
Download (1MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan, dan apa faktor penghambat dan solusi dari implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi dari implementasi kepeimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan.
Pada penelitian ini subjek penelian yang diambil yaitu kepala sekolah dan guru, lalu dalam teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti memakai observasi, wawacara dan dokumenasi.
Hasil penelitian ini ialah kepala sekolah selaku leader di sekolah dalam pelaksanaan kepemimpinan dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dilakukan dengan cara membuat pelatihan untuk guru disekolah ataupun mengikutsertakan guru dalam pelatiihan diluar sekolah, hal itu sebagai ajang guru menambah keilmuan, kemampuan serta keterampilan. Dalam prosesnya pun kepala sekolah tidak dapat berjalan sendiri, kepala sekolah selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan guru sebagai pelaksana pembelajaran untuk mencari membahas terkait pengembangan kompetensi profesionalisme guru, hal tersebut bisa dilakukan melalui rapat-rapat bulanan ataupun pertemuan di tempat-tempat yang memang dibutuhkan. Adapun factor penghambat dan solusi yang dihadapi oleh kepala sekolah dan juga guru, yaitu selama dua tahun terakhir tidak bisa melakukan tatap muka, baik pelatihan untuk guru maupun proses pembelajaran siswa, sehingga baik guru dalam mengikuti pelatihan dan siswa dalam proses pembelajaran sama-sama kurang maksimal, siswa banyak terkendala di kuota untuk mengikuti pembelajaran. Untuk solusinya sendiri yaitu sekolah memfasilitasi dengan baik guru-guru yang mengikuti pelatihan, baik pelatihan diluar maupun pelatihan yang diadakan disekolahan, lalu dalam hambatan yang dihadapi siswa terkait kuota belajar maka sekolah memberi solusi adanya konsultasi dengan gur mata pelajaran disekolah dengan anak dan waktu yang terbatas agar tidak berkerumun.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesionalisme Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 06:06 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 06:06 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/28 |