IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SMA YA BAKII KESUGIHAN

Siti, Nur Fadhilah (2022) IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONALISME GURU DI SMA YA BAKII KESUGIHAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of SKRIPSI JILID pdf.pdf] Text
SKRIPSI JILID pdf.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of cover pdf.pdf] Text
cover pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I pdf.pdf] Text
BAB I pdf.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of BAB II pdf.pdf] Text
BAB II pdf.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of BAB III pdf.pdf] Text
BAB III pdf.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB IV pdf.pdf] Text
BAB IV pdf.pdf

Download (440kB)
[thumbnail of BAB V pdf.pdf] Text
BAB V pdf.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA pdf.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of LAMPIRAN pdf.pdf] Text
LAMPIRAN pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bagaimana implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan, dan apa faktor penghambat dan solusi dari implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan, dan untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi dari implementasi kepeimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Ya BAKII Kesugihan.
Pada penelitian ini subjek penelian yang diambil yaitu kepala sekolah dan guru, lalu dalam teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti memakai observasi, wawacara dan dokumenasi.
Hasil penelitian ini ialah kepala sekolah selaku leader di sekolah dalam pelaksanaan kepemimpinan dalam mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dilakukan dengan cara membuat pelatihan untuk guru disekolah ataupun mengikutsertakan guru dalam pelatiihan diluar sekolah, hal itu sebagai ajang guru menambah keilmuan, kemampuan serta keterampilan. Dalam prosesnya pun kepala sekolah tidak dapat berjalan sendiri, kepala sekolah selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan guru sebagai pelaksana pembelajaran untuk mencari membahas terkait pengembangan kompetensi profesionalisme guru, hal tersebut bisa dilakukan melalui rapat-rapat bulanan ataupun pertemuan di tempat-tempat yang memang dibutuhkan. Adapun factor penghambat dan solusi yang dihadapi oleh kepala sekolah dan juga guru, yaitu selama dua tahun terakhir tidak bisa melakukan tatap muka, baik pelatihan untuk guru maupun proses pembelajaran siswa, sehingga baik guru dalam mengikuti pelatihan dan siswa dalam proses pembelajaran sama-sama kurang maksimal, siswa banyak terkendala di kuota untuk mengikuti pembelajaran. Untuk solusinya sendiri yaitu sekolah memfasilitasi dengan baik guru-guru yang mengikuti pelatihan, baik pelatihan diluar maupun pelatihan yang diadakan disekolahan, lalu dalam hambatan yang dihadapi siswa terkait kuota belajar maka sekolah memberi solusi adanya konsultasi dengan gur mata pelajaran disekolah dengan anak dan waktu yang terbatas agar tidak berkerumun.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Profesionalisme Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:06
Last Modified: 19 Oct 2023 06:06
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/28

Actions (login required)

View Item
View Item