METODE PEMBELAJARAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTS PLUS AL HIDAYAH KROYA

Fajar, Arif Rahman (2024) METODE PEMBELAJARAN PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTS PLUS AL HIDAYAH KROYA. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FAJAR ARIF R-OK.pdf] Text
SKRIPSI FULL FAJAR ARIF R-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati, dengan menggunakan pendekatan kualitatif diharapkan dapat diungkapkan situasi dan permasalahan yang ditimbul dalam metode pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di MTs Plus Al Hidayah Kroya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dengan kepala sekolah, pengurus, ustadz/ustadzah dan siswa dan juga dengan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Pembelajaran Program Tahfidzul Qur’an di MTs Plus Al Hidayah Kroya yang di gunakan dalam program tahfidz diantaranya: talaqqi, bin-nazhar, wahdah, takrir atau muroja’ah dan tasmi’. Tujuan dari program tahfidz adalah untuk mencetak generasi qur’ani yang sudah di targetkan hafal 10 juz. Pelaksanaan pembelajaran al-qur’an pada waktu bada’ maghrib, bada’ shubuh dan bada’ ashar. Faktor pendukung program tahfidz diantaranya: niat yang ikhlas, tujuan yang ingin dicapai, motivasi baik dari teman, ustadz atau orang tua, adanya pembelajaran tajwid. Untuk faktor penghambat program tahfidz diantaranya: niat tidak ikhlas atau terpaksa, kegiatan yang padat dan tidak bisa membagi waktu, belum lancar dalam membaca Al-Qur’an, dan faktor internal siswa tahfidz seperti: malas, ngantuk, jenuh dan kondisi fisik yang kurang sehat.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Fajar Arif Rahman (1923211022)
Uncontrolled Keywords: Program Tahfidzul Qur’an, Pembelajaran Program Tahfidz, Metode Menghafal Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 29 May 2024 12:23
Last Modified: 29 May 2024 12:23
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item
View Item