DAKWAH MILENIAL PIMPINAN ANAK CABANG (PAC) IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDHATUL ULAMA (IPPNU) KESUGIHAN

Saefa, Aulia (2023) DAKWAH MILENIAL PIMPINAN ANAK CABANG (PAC) IKATAN PELAJAR NAHDLATUL ULAMA (IPNU) DAN IKATAN PELAJAR PUTRI NAHDHATUL ULAMA (IPPNU) KESUGIHAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I SAEFA AULIA.pdf] Text
BAB I SAEFA AULIA.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of BAB II SAEFA AULIA.pdf] Text
BAB II SAEFA AULIA.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of BAB III SAEFA AULIA.pdf] Text
BAB III SAEFA AULIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV SAEFA AULIA.pdf] Text
BAB IV SAEFA AULIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V SAEFA AULIA.pdf] Text
BAB V SAEFA AULIA.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA SAEFA AULIA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA SAEFA AULIA.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SAEFA AULIA.pdf] Text
LAMPIRAN SAEFA AULIA.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULLLL SAEFA AULIA-OK.pdf] Text
SKRIPSI FULLLL SAEFA AULIA-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode dakwah milenial dalam menyampaikan pesan-pesan dakwahnya menurut PAC IPNU IPPNU Kesugihan Cilacap. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penilitian pendekatan kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan secara sisitematis berdasarkan fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dakwah milenial PAC IPNU IPPNU ialah metode dalam dakwah milenial yang dilakukan oleh PAC IPNU IPPNU yang pertama dari sisi subjek dakwah atau da’i bahwa yang menjadi pelaku dakwah tidak tertutup hanya kader IPNU tapi seluruh warga NU yang dianggap mempunyai keilmuan yang cukup, yang kedua dari sisi objek dakwah IPNU IPPNU memiliki alasan menggunakan media dan sasarannya adalah kelompok milenial, kemudian yang ketiga dari sisi materi dakwah adalah materi-matri keagamaan yang disampaikan oleh da’i kepada mad’u dan yang keempat dari sisi media sosial, dakwah milenial PAC IPNU IPPNU menggunakan beberapa jejaring sosial, namun dari sekian banyak jejaring sosial yang digunakan PAC IPNU IPPNU hanya menggunakan 4 jejaring sosial yaitu Facebook, Whatsapp. Youtube, dan Instagram.
Adapun faktor yang menjadi problematika konsep dakwah PAC IPNU IPPNU yaitu: pertama, sumber daya manusia yang kedua terkait support berbicara IPNU IPPNU adalah organisasi termuda di MWC NU kurang support sistem bahwa komunikasi antar organisasi itu kurang dan ju ke NU itu kurang mengait antar organisasi.
===========================================================================
This study aims to find out how the concept of millennial da'wah conveys its da'wah messages according to PAC IPNU IPPNU Kesugihan Cilacap. The method used in this study is a descriptive qualitative approach that describes systematically based on the phenomena that occur. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. Meanwhile, to analyze the researchers used data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results of this study indicate that the concept of PAC IPNU IPPNU's millennial da'wah is a description of the millennial da'wah carried out by the first IPNU IPPNU PAC from the perspective of the subject of da'wah or da'i that the perpetrators of da'wah are not only IPNU cadres but all NU members who are considered to have knowledge sufficient, secondly from the point of view of the object of da'wah IPNU IPPNU has reasons for using the media and the target is the millennial group, then the third from the point of view of da'wah material is religious material delivered by preachers to mad'u and the fourth from the side of social media , PAC IPNU IPPNU's millennial preaching uses several social networks, but of the many social networks used by PAC IPNU IPPNU only uses 4 social networks, namely Facebook, Whatsapp. Youtube, and Instagram.
The factors that are problematic for the PAC IPNU IPPNU da'wah concept are: first, second, human resources related to IPNU speaking support. IPPNU is the youngest organization in MWC NU, it lacks system support, that communication between organizations is lacking, and Ju to NU, there is less link between organizations.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Saefa Aulia (1823311008)
Uncontrolled Keywords: konsep dakwah, dakwah milenial, IPNU IPPNU Kesugihan the concept of da'wah, millennial da'wah, IPNU IPPNU Kesugihan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:16
Last Modified: 21 Jun 2024 03:16
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/358

Actions (login required)

View Item
View Item