PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 03 KUTAWARU

Wahyu, Romadhoni (2024) PERANAN KOMITE SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AFEKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN 03 KUTAWARU. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WAHYU ROMADONI-OK.pdf] Text
SKRIPSI FULL WAHYU ROMADONI-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui Peranan komite sekolah dalam meningkatkan hasil belajar afektif pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2. Untuk Mengetahui peningkatan hasil belajar afektif pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun manfaat penelitian ini adalah 1. Untuk memberikan pengetahuan tentang peranan komite sekolah dalam meningkatkan hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Kutawaru. 2. Memberikan informasi tambahan kepada pecinta sains dan pembaca tentang peranan komite sekolah dalam meningkatkan hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Kutawaru. 3. Untuk memberikan informasi mengenai peranan komite sekolah terhadap hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Kutawaru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan jenis studi kasusnya adalah studi kasus deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Dan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh beberapa kesimpulan: Hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dibuktikan dengan nilai hasil belajar afektif (sikap) siswa pada kelas empat dan kelas dua yang didapatkan dari guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan pengamatan sebelum adanya peranan komite sikap afektif siswa cenderung rendah dan ketika sudah terlaksana, perkembangan sikap siswa cukup baik hal ini menunjukkan perhatian komite serta perhatian guru sebagai pihak yang berpengaruh terhadap perkembangan sikap afektif guna meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi peneliti, terlihat bahwa hasil baiknya prestasi pada ranah afektif dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 03 Kutawaru terlihat dari kegiatan sehari-harinya siswa yang setiap pagi selalu menyapa, do’a sebelum belajar yang dipimpin oleh ketua kelasnya, sholat dzuhur berjama’ah berbicara sopan santun ditambah guru agamanya yang memiliki kreativitas untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan tidak membosankan. Adanya sarana prasarana yang memadahi serta kegiatan ekstrakurikuler yang sudah dilaksanakan. Sehingga ini menjadi penyebab hasil belajar afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki kualitas yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Wahyu Romadhoni (1923211070 )
Uncontrolled Keywords: Peranan Komite Sekolah, Prestasi Belajar Afektif Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:49
Last Modified: 21 Jun 2024 03:49
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item
View Item