PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI YA BAKII DONDONG TAHUN 2023

Nur, Fiyanita (2024) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI MI YA BAKII DONDONG TAHUN 2023. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB 1_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
BAB 1_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB 2_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
BAB 2_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of BAB 3_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
BAB 3_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
BAB 4_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
BAB 5_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
Daftar Pustaka_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf

Download (33kB)
[thumbnail of Lampiran_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf] Text
Lampiran_Nur Fiyanita_1823221007_PGMI.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NUR FIYANITA.pdf] Text
SKRIPSI FULL NUR FIYANITA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses pendidikan di era digitalisasi, peran dan kontribusi orang tua harus benar-benar ekstra, memperhatikan cara-cara untuk menentukan secara positif reaksi dan visi anak terhadap penggunaan gadget yang baik dan benar. Oleh karena itu, keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan terpenting dalam membesarkan dan mencetak anak yang kompeten dan mandiri. Pola asuh orang tua menjadi salah satu faktor dalam terbentuknya kedisiplinan belajar pada peserta didik. Hal ini disebabkan karena seorang anak memperoleh pendidikan yang pertama kalinya dalam lingkungan keluarga.
Penelitian ini dilakukan untuk mengatahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV di MI Ya BAKII Dondong tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Objek penelitian ini adalah pola asuh orang tua yang diberikan kepada siswa kelas IV MI Ya BAKII Dondong. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan angket atau kuesioner dengan skala likert. Kemudian untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV di MI Ya BAKII Dondong tahun pelajaran 2023/2024 dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh antara variabel pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan belajar siswa berdasarkan koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0,185 atau 18,5%.
===========================================================================
In the educational process in the era of digitalization, the role and contribution of parents must be truly extra, paying attention to ways to positively determine children's reactions and visions towards the good and correct use of gadgets. Therefore, the family is the first and most important educational institution in raising and producing competent and independent children. Parental parenting is one of the factors in forming learning discipline in students. This is because a child receives his first education in a family environment.
This research was conducted to determine the influence of parenting styles on the learning discipline of class IV students at MI Ya BAKII Dondong for the 2023/2024 academic year. This research uses a quantitative approach with an associative type of research. The object of this research is the parenting style given to class IV students at MI Ya BAKII Dondong. Data collection techniques include observation, documentation and questionnaires with a Likert scale. To test the hypothesis using simple linear regression analysis.
The results of this research show that there is an influence of parental parenting on the learning discipline of class IV students at MI Ya BAKII Dondong for the 2023/2024 academic year with a significance value of 0.018 < 0.05, which means Ha is accepted and Ho is rejected. The magnitude of the influence of parenting style variables on student learning discipline is based on the coefficient of determination (R square), namely 0.185 or 18.5%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Nur Fiyanita (1823221007)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh orang tua, Kedisiplinan belajar Parenting patterns, Learning discipline
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:51
Last Modified: 21 Jun 2024 03:51
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item
View Item