PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TEKS VIDEOSCRIBE PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD

Inggar, Apriia Sekar Arum (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TEKS VIDEOSCRIBE PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV SD. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I Skripsi Inggar Aprilia S.pdf] Text
BAB I Skripsi Inggar Aprilia S.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of BAB II Skripsi Inggar Aprilia S.pdf] Text
BAB II Skripsi Inggar Aprilia S.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of BAB III Skripsi Inggar Aprilia S.pdf] Text
BAB III Skripsi Inggar Aprilia S.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV Skripsi Inggar Aprilia S.A.pdf] Text
BAB IV Skripsi Inggar Aprilia S.A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V Skripsi Inggar Aprilia S.pdf] Text
BAB V Skripsi Inggar Aprilia S.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA Skripsi Inggar Aprilia S.A.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi Inggar Aprilia S.A.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of LAMPIRAN Skripsi Inggar Aprilia S.pdf] Text
LAMPIRAN Skripsi Inggar Aprilia S.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INGGAR APRILIA SEKAR A.pdf] Text
SKRIPSI FULL INGGAR APRILIA SEKAR A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Sparkol videoscribe adalah alat online yang dapat digunakan pengguna untuk membuat presentasi animasi menggunakan teks. Untuk memikat dan melibatkan siswa sekolah dasar agar secara aktif mengikuti isi kursus, guru dapat menggunakan videoscribe Sparkol, perangkat lunak yang membuat film dengan peta konsep, foto, suara, dan musik.
Model termasuk penilaian yang terdiri dari analisis kebutuhan dan evaluasi materi dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan ADDIE. Ada dua fase desain: desain material dan desain media. Proses pengembangan dimulai dengan ide suatu produk dan dilanjutkan dengan evaluasi oleh para ahli. Untuk melaksanakan implementasinya, kuesioner diberikan kepada instruktur dan siswa untuk mengumpulkan evaluasi dan jawaban. Uji coba individu, kelompok kecil, dan terbatas kemudian dilakukan. Analisis deskriptif kualitatif dan evaluasi setiap tahap (analisis, desain, pengembangan, dan implementasi) merupakan bagian dari proses evaluasi.
Sebanyak 37 poin dicetak, dengan penilaian rata-rata 3,7 poin, dalam studi uji kelayakan penuh yang diverifikasi oleh para ahli. Tingkat kelayakan presentasi sebesar 74%. Menurut para ahli di lapangan, pernyataan kelayakan valid 84%, dengan keseluruhan 42 poin dan rata-rata 4,2. Setelah evaluasi menyeluruh oleh pakar linguistik, 6,66% laporan dinyatakan memenuhi syarat. Skor totalnya adalah 20, dan skor rata-ratanya adalah 4,2. Selanjutnya uji praktikalitas yang didasarkan pada penilaian guru dan jawaban siswa secara umum menghasilkan total skor sangat dapat diterima yaitu 62 (95,3% untuk pernyataan kelayakan), nilai rata-rata 4,76, dan skor keseluruhan 95.
Terdapat rata-rata 7,43 peningkatan poin skor pemahaman siswa antara sebelum dan sesudah tes yang diberikan terkait validitas materi pembelajaran berbasis videoscribe teks gerak. Skor Sig diperoleh dari uji T sampel berpasangan. Tingkat signifikansi nilainya di bawah 0,05 atau mungkin menunjukkan pengaruh yang besar terhadap pemahaman siswa terhadap konten siklus kehidupan hewan, seperti yang ditunjukkan oleh nilai (2-tailed) sebesar 0,001. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran film teks berbasis videoscribe tentang proses kehidupan hewan di kelas IV SD efektif digunakan di kelas dengan menguji validitas nilai tes pemahaman siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut
===========================================================================
Sparkol videoscribe is an online tool that users may use to make animated presentations using text. To captivate and engage primary school pupils in actively following the course content, teachers may use Sparkol videoscribe, software that creates films with concept maps, photos, sound, and music.
A model including assessment consisting of requirements analysis and material evaluation was developed in this study using ADDIE. There are two phases of design: material design and media design. The development process begins with the ideation of a product and continues with its evaluation by specialists. To carry out the implementation, questionnaires are provided to instructors and students to gather evaluations and replies. Individual, small group, and restricted trials were then conducted. Descriptive qualitative analysis and evaluation of each phase (analysis, design, development, and implementation) comprises the evaluation process.
A total of 37 points were scored, with an average assessment of 3.7 points, in the full feasibility test study that was verified by specialists. The presentation rate of feasibility was 74%. According to experts in the field, the feasibility statement was 84% valid, with 42 points overall and an average of 4.2. After a thorough evaluation by linguistic specialists, 6.66% of the reports were determined to be qualified. The total score was 20, and the average score was 4.2. Furthermore, the practicality tests that were based on teacher assessments and general student replies yielded a highly acceptable total score of 62 (95.3% for the feasibility statement), an average value of 4.76, and an overall score of 95.
There was an average 7.43 point improvement in students' understanding scores between the pre- and post-tests administered to them in relation to the validity of the learning material based on videoscribe text motion. The Sig score is derived from the pair sample T test. The significance level of the value is below 0.05 or may demonstrate a substantial influence on students' grasp of the life of animals cycle content, as shown by the (2-tailed) value of 0.001. We can conclude that videoscribe-based text movies learning media on the life process of animals in class IV primary school is effective for classroom use by testing the validity of pupil understanding test scores before and after using the media

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Inggar Apriia Sekar Arum (18862061025)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Pembelajaran, Videoscribe. Daur Hidup Hewan, Siswa Kelas IV SD Development, Learning Media, Videoscribe. Animal Life Cycle, Class IV Elementary School Students
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:54
Last Modified: 21 Jun 2024 03:54
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item
View Item