Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH. Chasbulloh Badawi

Aziz, Alfian (2020) Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH. Chasbulloh Badawi. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (355kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_AZIZ ALFIAN_PAI20.pdf] Text
SKRIPSI FULL_AZIZ ALFIAN_PAI20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada masa sekarang, pesantren harus mampu menyeimbangkan antara pendidikan formal dan non formal agar tidak ada persepsi yang keliru dikalangan masyarakat mengenai pesantren. Karena selama ini masayarakat menilai bahwa pesantren hanya berkecimpung dalam bidang keagamaan saja. Pesantren belum mampu menjembatani tuntutan masyarakat perihal akan kemana setelah lulus dari pesantren. Permasalahan inilah yang harus dijawab oleh pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam. Maka peran pemikiran pimpinan pesantren sangat berpengaruh terhadap arah tujuan pendidikan pesantren. Dengan demikian, perlu adanya pembaharuan pemikiran pendidikan Islam agar tidak ada dikotomi mengenai pendidikan formal dan non formal. Oleh karena itu, peneliti tertarik dengan pemikiran pendidikan perspektif KH. Chasbulloh Badawi.
Di sini penulis akan mencari tahu bagaimana pemikirin pendidikan Islam menurut KH. Chasbulloh Badawi demi terwujudnya tujuan pendidikan Islam yang tidak ada dikotomi antara ilmu agama dan ilmu umum.
Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah dari dokumentasi video, tulisan, serta wawancara dengan narasumber yang dekat dengan beliau. Untuk mengetahui Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif KH. Chasbulloh Badawi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan maupun mengklarifikasi data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran, sehingga nantinya peneliti akan menggabungkan data satu dengan yang lainnya kemudian menjelaskan dalam bentuk kalimat.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa pemikiran pendidikan Islam Perspektif KH. Chasbulloh Badawi adalah pendidikan Islam seharusnya pendidikan yang mengarahkan dan membimbing peserta didik agar bisa membedakan antara yang baik dan salah, antara keliru dengan yang benar. Demi tercapainya tujuan tersebut, beliau menekankan ketika dalam proses mencari ilmu, seeorang peserta didik harus benar-benar memperdalam ilmu tersebut, sebab dengan ilmu yang sudah diperoleh dan dipelajari, peserta didik bisa mengetahui persoalan kehidupan, sehingga akan mampu membimbing, mengarahkan dan menuntun peserta didik kearah yang lebih baik, yaitu kehidupan yang bahagia di dunia maupun di akhirat. KH. Chasbulloh Badawi menekankan di dalam pendidikan agar tidak membeda bedakan antara satu disiplin ilmu dengan disiplin ilmu yang lain, setiap disiplin ilmu saling terkait satu sama lainnya, tidak terpisahkan. Menurut beliau, ilmu itu akan menjadi luas sekali, jika antara satu disiplin ilmu dengan disiplin ilmu yang lain dapat dikuasai. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu mengantarkan peserta didik untuk bisa menguasai ilmu dan berwawasan luas. seseorang yang mempunyai ilmu akan mampu memecahkan persoalan-persoalan yang rumit. Hakikatnya dengan semakin bertambahnya ilmu, banyak persoalan yang akan dapat di pecahkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: KH. Chasbulloh Badawi; Pemikiran Pendidikan; Pendidikan Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:57
Last Modified: 21 Feb 2024 06:57
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item