Peran Guru dalam Mensinkronisasi Al Qur’an dan Al Hadits dalam Setiap Pembelajaran di MTs TTQ Cilacap Tahun 2019/2020

Indah, Falah Sari (2021) Peran Guru dalam Mensinkronisasi Al Qur’an dan Al Hadits dalam Setiap Pembelajaran di MTs TTQ Cilacap Tahun 2019/2020. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INDAH FALAH SARII.pdf] Text
SKRIPSI FULL INDAH FALAH SARII.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pada realitanya, tidak semua guru mata pelajaran menguasai ilmu al Qur’an dan al Hadits, di MTs TTQ Cilacap. Sesuai dengan data yang penulis peroleh ada 23 guru, yang terdiri dari 14 guru berbasis perguruan tinggi Islam dan 9 guru dari perguruan tinggi umum. 9 guru dari lulusan perguruan tinggi umum tersebut menjadi kendala karena wawasan tentang pengetahuan agamanya merasa kurang, sehingga khawatir salah dalam proses belajar mengajar. Sedangkan pada hakekatnya, dengan adanya suatu hubungan antara ilmu umum dan ilmu agama Islam akan memberi pengaruh yang positif terhadap perilaku siswa di madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penerapan sinkronisasi Al Qur’an dan Al Hadits dalam pembelajaran serta penyesuaian ataupun penyelarasan antara ilmu pengetahuan al Qur’an dan al Hadits pada setiap pembelajaran sehingga dapat membina atau berupaya agar akhlak dan wawasan siswa lebih baik dari sebelumnya. Jenis pnelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan menggambarkan proses yang terjadi disebuah lapangan. Teknik penelitian yang digunakan obersevasi, wawancara, dokumen dan angket. Analisis data menggunakan teknik triangulasi data. Adapun teknik pengumpulan data meliputi, data reduction, data display, verifikasi.
Hasil Penelitian ini adalah bahwa penelitian Peran Guru Dalam Mensinkronisasi Al Qur’an dan Al Hadits dalam Setiap Pembelajaran. Sangat baik jika diterapkan di sekolah-sekolah yang berbasis agama Islam. Guru dan siswa sangat setuju dan mendukung jika diterapkan di kelas pada saat pembelajaran. Masih terkendalanya keterbatasan ilmu agama, ada beberapa guru yang mengajarkan ilmu pengetahuan umum, sehingga untuk lebih termotivasi untuk mempelajari ilmu agama. Agar bermanfaat untuk dirinya sendiri dan bisa memberikan pelajaran yang lebih baik lagi untuk para siswanya. Sehingga hasil akhirnya terbentuk siswa yang berilmu dan bertaqwa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: ilmu agama, dan pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:58
Last Modified: 21 Feb 2024 06:58
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/107

Actions (login required)

View Item
View Item