Kesiapan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi SMP Permata Hati Purwokerto

Nur Indah, Kumala Sari (2020) Kesiapan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi SMP Permata Hati Purwokerto. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_NUR INDAH KUMALASARI.pdf] Text
SKRIPSI FULL_NUR INDAH KUMALASARI.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kesiapan belajar peserta didik merupakan. kondisi awal yang telah dipersiapkan untuk melakukan suatu kegiatan belajar dimana peserta didik siap untuk memberi respon atau jawaban dengan caranya sendiri dalam menyikapi suatu situasi pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang kesiapan belajar anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Permata Hati Purwokerto.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Inklusi SMP Permata Hati Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa Keempat subjek yang diteliti sudah memiliki kesiapan belajar sebagaimana yang diharapkan. Kesiapan belajar dari keempat subjek dilihat dari faktor keluraga yang mendukung, memberikan perhatian, bimbingan dan kasih sayang, guru-guru yang kooperatif, guru pendamping, penerimaan dari teman, penerimaan dari lingkungan rumah, kondisi jasmani yang sudah siap, kondisi mental yang bagus, dan kematangan dasar yang dimiliki keempat subjek. Kesiapan belajar anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pendidikan agama islam didukung dengan penggunaan kurikulum yang sudah dimodifikasi disesuaikan dengan tahap perkembangan, pembiasaan-pembiasaan keagamaan, dan penanganan yang diberikan Guru kepada ABK pada proses pembelajaran sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Mata Pelajaran PAI
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2024 07:01
Last Modified: 21 Feb 2024 07:01
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item