Nur Indah, Kumala Sari (2020) Kesiapan Belajar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Inklusi SMP Permata Hati Purwokerto. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (3MB)
BAB I.pdf
Download (156kB)
BAB II.pdf
Download (312kB)
BAB III.pdf
Download (95kB)
BAB IV.pdf
Download (1MB)
BAB V.pdf
Download (75kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI FULL_NUR INDAH KUMALASARI.pdf
Download (8MB)
Abstract
Kesiapan belajar peserta didik merupakan. kondisi awal yang telah dipersiapkan untuk melakukan suatu kegiatan belajar dimana peserta didik siap untuk memberi respon atau jawaban dengan caranya sendiri dalam menyikapi suatu situasi pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang kesiapan belajar anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Permata Hati Purwokerto.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan belajar peserta didik anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Inklusi SMP Permata Hati Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa Keempat subjek yang diteliti sudah memiliki kesiapan belajar sebagaimana yang diharapkan. Kesiapan belajar dari keempat subjek dilihat dari faktor keluraga yang mendukung, memberikan perhatian, bimbingan dan kasih sayang, guru-guru yang kooperatif, guru pendamping, penerimaan dari teman, penerimaan dari lingkungan rumah, kondisi jasmani yang sudah siap, kondisi mental yang bagus, dan kematangan dasar yang dimiliki keempat subjek. Kesiapan belajar anak berkebutuhan khusus pada mata pelajaran pendidikan agama islam didukung dengan penggunaan kurikulum yang sudah dimodifikasi disesuaikan dengan tahap perkembangan, pembiasaan-pembiasaan keagamaan, dan penanganan yang diberikan Guru kepada ABK pada proses pembelajaran sehingga dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Belajar, Anak Berkebutuhan Khusus, Mata Pelajaran PAI |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:01 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:01 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/118 |