Yustina, Fauzi (2021) Hubungan Antara Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Akhlak Siswa Kelas V di SD Negeri Kuripan Kidul 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun 2020. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (537kB)
BAB 2.pdf
Download (494kB)
BAB 3.pdf
Download (623kB)
BAB 4.pdf
Download (542kB)
BAB 5.pdf
Download (305kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI FULL_YUSTINA FAUZI_PAI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam, mengetahui tingkat Akhlak siswa, dan mengetahui hubungan antara pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan Akhlak siswa di kelas V SD Negeri Kuripan Kidul 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Jenis penelitian dari skripsi ini adalah penelitian lapangan (Field Research) menggunakan teknik analisis data korelasional dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, yang menekankan analisisnya pada data-data numeral (angka) yang diolah dengan populasi dan sempel yang diolah menggunakan teknik analisis statistik correlations. Hasil dari penelitian penulis mengenai Hubungan Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Akhlak Siswa Kelas V di SD Negeri Kuripan Kidul 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap ini adalah: (1) Hasil Validitas dengan Tes mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas V dengan jumlah 15 dan Angket akhlak siswa kelas V dengan jumlah 20 menggunakan r-table 0,344 dan hasilnya r-hitung > dari r-tabel maka valid. (2) Uji Reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha 0,60 dan hasil dari reliabilitas yang di hitung semuanya lebih besar dari > 0,060 maka reliabel. (3) Uji Normalitas nilai Signifikasi Asiymp. Sig (2-tailed) sebesar 0, 980 lebih besar dari 0,05. Maka uji normalitas kolmogorv-smirnov dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Hasil analisis data Pemahaman Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kelas V di SD Negeri Kuripan Kidul 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Berdasarkan data yang telah diolah dari hasil tabel Anova dan Correlations diketahui bahwa taraf signifikansi adalah 0,776 hal ini berarti probability lebih dari taraf 0.05 yang menandakan bahwa Sig. (2-tailed) (0.776) > Sig (0,05), maka Ho diterima dan Ha ditolak, jadi dari kesimpulan hasil analisis data tidak ada hubugan yang signifikan, maksudnya variable pemahaman mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak ada hubungan yang signifikan dengan akhlak siswa kelas V di SD Negeri Kuripan Kidul 01 Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun 2020.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hubungan, Pemahaman Mata Pelajaran, Pendidikan Agama Islam dan Akhlak Siswa. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:02 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:02 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/124 |