Siti, Salamah (2020) Peningkatan Hasil Belajar Materi Hubungan Simbol Dengan Sila Pancasila Tema 8 Sub Tema 2 Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) Siswa Kelas IV MI Ya BAKII Kesugihan 3 Tahun Pelajaran 2019/2020. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (135kB)
BAB II.pdf
Download (213kB)
BAB III.pdf
Download (134kB)
BAB IV.pdf
Download (386kB)
BAB V.pdf
Download (14kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI FULL_SITI SALAMAH_PGMI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada materi hubungan simbol dengan sila Pancasila Tema 8 Subtema 2. Hal ini dikarenakan selama dalam kurun tiga tahun terakhir hasil belajar siswa kelas IV dalam materi hubungan simbol dengan sila Pancasila masih rendah dan terdapat beberapa siswa yang nilainya belum memenuhi KKM madrasah yang sudah ditentukan. Hal ini dibuktikan dengan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa tahun 2019 hanya 32%. Penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan berpusat pada guru (teacher center), guru hanya berceramah dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariasi.
Model dalam penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ya BAKII Kesugihan 03 tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah 7 siswa, terdiri dari 3 perempuan dan 4 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, wawancara dan Tes.
Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Terbukti pada siklus I pada nilai rata-rata memperoleh 80,85 dengan prosentase 71,42%. Lalu pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 90,71 dengan prosentase 100%. 2) terdapat peningkatan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran. Hal ini terbukti pada siklus I aktivitas guru memperoleh 68,42% lalu pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan prosentase sebesar 80,26%. Adapun untuk aktivitas siswa selama proses pembelajaran pada siklus I memperoleh skor rata-rata 2,74 dengan kriteria baik, lalu mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh skor rata-rata 3,34 dengan kriteria sangat baik.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pancasila, STAD |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:02 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:02 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/127 |