STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTs MINAT KESUGIHAN CILACAP

Muhammad, Ulin Nuha (2022) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MTs MINAT KESUGIHAN CILACAP. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of 696. MPI SKRIPSI MUHAMMAD ULIN NUHA.pdf] Text
696. MPI SKRIPSI MUHAMMAD ULIN NUHA.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN ok.pdf] Text
HALAMAN DEPAN ok.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1 U.pdf] Text
BAB 1 U.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of BAB 2 U.pdf] Text
BAB 2 U.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of BAB 3 U.pdf] Text
BAB 3 U.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB 4 U.pdf] Text
BAB 4 U.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB 5 U.pdf] Text
BAB 5 U.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Strategi Pemasaran merupakan hal yang penting dilakukan bagi suatu lembaga pendidikan. Kegiatan pemasaran berguna untuk memperkenalkan jasa pendidikan yang ditawarkan kepada pelanggan pendidikan yang dalam hal ini adalah calon siswa dan masyarakat umum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran jasa pendidikan yang berupa segmentasi, targetting, positioning di MTs MINAT Kesugihan. Selain menggunakan metode tersebut kegiatan pemasaran juga menggunakan bauran pemasaran sebagai alat pemasaran. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapun teknik analisis data yang peneliti gunakan yaitu melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan di MTs MINAT Kesugihan cukup maksimal. Hal ini terlihat dari strategi segmentasi yang diterapkan dengan menggunakan beberapa pendektan, target pasar sasarannya hanya berada di kalangan santri di Kesugihan dan siswa dibawah naungan Ya Bakii, Madrasah melakukan positioning dengan program unggulan, pembiasaan karakter, dan ekstrakurikuler yang menjadi keunggulan. Dalam keberlangsungan kegiatan pemasaran, ternyata MTs MINAT memiliki proses yang cukup panjang mulai dari fase sebelum melakukan kegiatan pemasaran sampai fase melakukan kegiatan pemasaran. Adapun keberlangsungan kegiatan pemasaran juga dipengaruhi oleh nama baik pesantren dan alumni yang aktif dan giat di masyarakat sehingga secara tidak langsung ikut memberi dampak positif terhadap eksistensi madrasah dimata masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Jasa Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 19 Oct 2023 06:04
Last Modified: 19 Oct 2023 06:04
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item
View Item