Muhammad Faisal, Amri Mubarok (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE TILAWATI TEGAL TERHADAP HASIL BELAJAR SANTRI KELAS III DI TPQ AL-BAROKAH BOJONGJATI-PANGANDARAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (417kB)
BAB II.pdf
Download (482kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (519kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (541kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (294kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (192kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI FULL M. FAISAL AMRI M.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Anak adalah generasi penerus yang akan berkontribusi pada kemajuan bangsa, negara, dan agama di masa yang akan datang. Oleh karena itu, sangat penting bagi anak-anak untuk dibekali pemahaman kemampuan belajar membaca Al-Qur'an. Salah satu cara non-formal untuk mengajarkan anak-anak tentang ajaran agama, terutama tentang belajar membaca Al-Qur'an, adalah dengan pergi ke Taman Pendidikan Al-Qur'an. Di sana, anak-anak dapat dididik oleh tenaga pendidik yaitu oleh guru agama. Berhubungan dengan penelitian ini peneliti ingin mencari tahu lebih dalam terkait: “Pengaruh Penggunaan Metode Tilawati Tegal Terhadap Hasil Belajar Santri Kelas III di TPQ Al-Barokah Bojongjati-Pangandaran”.
Pertanyaan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penggunaan metode tilawati Tegal terhadap hasil belajar santri kelas III di TPQ Al-Barokah Bojongjati-Pangandaran. Seberapa besar pengaruh penggunaan metode tilawati Tegal terhadap hasil belajar santri kelas III di TPQ Al-Barokah Bojongjati-Pangandaran.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survay. Teknik pengumpulan data dengan angket dan dokumentasi. Populasinya mengambil kelas III dengan jumlah 20 santri, teknik sampling yang digunakan adalah Stratified Random Sampling. Jumlah sampel yang diambil sejumlah 20 santri sebagai sample penelitian. Hasil penelitian regresi linear sederhana dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 < 0,05 menunjukan terdapat pengaruh dari variabel penggunaan metode tilawati Tegal terhadap hasil belajar santri. Dengan koefeisien determinasi (R Square) sebesar 0,285, menunjukan bahwa sumbangan pengaruh dari variabel metode tilawati Tegal terhadap hasil belajar santri sebesar 28,5%. Ini menunjukan pengaruh yang cukup kuat dari penggunaan metode tilawati Tegal terhadap hasil belajar santri.
===========================================================================
Children are the next generation who will contribute to the progress of the nation, state, and religion in the future. Therefore, it is very important for children to be equipped with the ability to read the Qur'an. One non-formal way to teach children about religious teachings, especially about the ability to read the Qur'an, is to go to the Qur'an Education Park. There, children can be educated by educators in a certain order. Related to this study, researchers want to find out more about the following: "The Effect of Using the Tilawati Tegal Method on the Learning Outcomes of Class III Students at TPQ Al-Barokah Bojongjati-Pangandaran”.
The question of this research is whether there is an influence of the use of the Tegal tilawati method on the learning outcomes of grade III students at TPQ Al-Barokah Bojongjatai-Pangandaran. How much influence does the use of the Tegal tilawati method have on the learning outcomes of grade III students at TPQ Al-Barokah Bojongjati-Pangandaran.
This research uses quantitative research methods with survey research types. Data collection techniques with questionnaires and documentation. The population takes class III with a total of 20 students, the sampling technique used is Stratified Random Sampling. The number of samples taken was 20 students as research samples. The results of a simple linear regression study with a significance value of 0.015 < 0.05 show that there is an influence of the variable use of the Tegal tilawati method on student learning outcomes. With a coefficient determination (R Square) of 0.285, it shows that the contribution of the influence of the Tegal tilawati method variable on student learning outcomes is 28.5%. This shows a strong influence from the use of the Tegal tilawati method on student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Muhammad Faisal Amri Mubarok (1923211045) |
Uncontrolled Keywords: | Penggunaan Metode Tilawati Tegal, Hasil Belajar Santri Use of Tilawati Tegal Method, Santri Learning Outcomes |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 29 May 2024 12:25 |
Last Modified: | 29 May 2024 12:25 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/346 |