PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN SUMINGKIR 02

Naela, Kamalia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SDN SUMINGKIR 02. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI NAELA KAMALIA.pdf] Text
SKRIPSI NAELA KAMALIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pada kurikulum merdeka diberikan kebebasan pada guru untuk dapat menyajikan materi esensial dengan menyesuaikan kemampuan dan kebutuhan peserta didiknya. Menyajikan pembelajaran yang bermakna dan menarik, tidak lepas dari adanya peran media dalam proses pembelajaran. Penggunaan media berkontribusi penting terhadap kelancaran proses belajar peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu opsional adalah dengan media video animasi yang mampu menarik perhatian peserta didik karena penyajiannya disesuaikan dengan karakter peserta didik usia sekolah dasar. Dalam pembuatan media pembelajaran video animasi tentu dibutuhkan software atau aplikasi yang mendukung. Media video animasi dapat dibuat dengan aplikasi sparkol videoscribe, VN video editor dan zepeto yang mampu menyajikan video pembelajaran menarik dengan mengintegrasikan unsur teks, gambar, karakter tokoh animasi, audio dubbing dari pembuat media, dan musik instrumen sebagai pelengkap video. Dimana media tersebut diharapkan mampu memberikan pelayanan pembelajaran yang maksimal dan membangun motivasi belajar peserta didik.
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video animasi dengan sparkol videoscribe, VN video editor dan zepeto pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Tujuan selanjutnya adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran video animasi dengan saprkol videoscribe, VN video editor dan zepeto pada pembelajaran matematika kelas IV sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian menggunakan ADDIE yang meliputi tahapan Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi).
Hasil perolehan selama penelitian berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, yaitu ahli materi memperoleh 88,89% dengan kategori sangat layak dengan revisi, dari ahli media memperoleh 94,45% dengan kategori sangat layak, dan penilaian ahli bahasa 70% dengan kategori layak dengan revisi, jika dirata-ratakan memperoleh hasil 84,45% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian pada pengujian yang terakhir yaitu uji lapangan yang dilakukan pada 1 guru dan seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Sumingkir 02 memperoleh penilaian dari guru sebesar 97,5% dengan kategori sangat layak. Sedangkan data uji lapangan respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 96,1% dengan kategori sangat layak. Hal tersebut menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan pada pembelajaran kelas IV sekolah dasar.
===========================================================================
In the independent curriculum, teachers are given the freedom to present essential material according to the abilities and needs of their students. Presenting meaningful and interesting learning cannot be separated from the role of media in the learning process. The use of media makes an important contribution to the smooth learning process of students to achieve learning goals. One option is animated video media which is able to attract students' attention because the presentation is adapted to the character of elementary school age students. In making animated video learning media, supporting software or applications are certainly needed. Animated video media can be created using the Sparkol Videoscribe, VN video editor and Zepeto applications which are capable of presenting interesting learning videos by integrating elements of text, images, animated characters, audio dubbing from media makers, and instrumental music as a complement to the video. Where this media is expected to be able to provide maximum learning services and build students' learning motivation.
The aim of this research is to develop animated video learning media using Sparkol Videoscribe, VN video editor and Zepeto in fourth grade elementary school mathematics learning. The next objective is to determine the level of feasibility of animated video learning media with Saprkol Videoscribe, VN video editor and Zepeto in fourth grade elementary school mathematics learning. The research method used is research and development. The research model uses ADDIE which includes stages Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation.
The results obtained during the research were based on the results of assessments from experts, namely material experts obtained 88.89% in the very appropriate category with revisions, media experts obtained 94.45% in the very appropriate category, and the language expert's assessment was 70% in the appropriate category with revisions. , if averaged, the results are 84.45% in the very feasible category. The results of the assessment in the last test, namely the field test, which was carried out on 1 teacher and all class IV students at SD Negeri Sumingkir 02 received an assessment from the teacher of 97.5% with a very decent category. Meanwhile, in the field test data, student responses obtained a result of 96.1% in the very feasible category. This shows that the media developed by researchers is suitable for use in fourth grade elementary school learning

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Naela Kamalia (19862061028)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan ADDIE, Media, Video Animasi ADDIE Development, Media, Animation Video
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:00
Last Modified: 21 Jun 2024 04:00
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/399

Actions (login required)

View Item
View Item