Muhamad, Munif (2017) Implementasi Manajemen Kurikulum Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Ma’wa Kesugihan Cilacap Tahun 2017. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (778kB)
BAB I.pdf
Download (433kB)
BAB II.pdf
Download (576kB)
BAB III.pdf
Download (297kB)
BAB IV.pdf
Download (773kB)
BAB V.pdf
Download (123kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (912kB)
SKRIPSI FULL MUHAMAD MUNIF_PAI20.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam setiap lembaga pendidikan memerlukan adanya penataan kegiatan administrasi, tata pengajaran (kurikulum) supaya tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik dan pendidikan yang diajarkan berhasil, bermanfaat bagi siapa saja yang mengenyam pendidikan. Dari bidang-bidang tersebut, yang paling utama ialah penataan dalam kurikulum, sebab apabila sarana dan prasarana pendidikan tidak memadai demikian juga dengan tenaga pengajar maka dapat dipastikan pendidikan itu tidak akan berjalan dengan baik (kacau), sebaliknya apabila sarana dan prasarana kurang memadai akan tetapi dengan penerapan manajemen kurikulum kurikulum yang baik maka dapat dipastikan tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik. Inilah tujuan penelitian ini untuk memastikan bagaimana Implementasi Manajemen Kurikulum di TPQ Al-Ma’wa desa Kesugihan Kidul.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan tiga metode yakni, observasi untuk mengetahui fakta-fakta yang sebenarnya terjadi di TPQ Al-Ma’wa terkait pelaksanaan manajemen kurikulum dan kemudian metode wawancara untuk mengetahui pernyataan –pernyataan pihak TPQ Al-Ma’wa desa Kesugihan Kidul dalam mengelola kurikulum di lingkungan TPQ. Yang terkahir adalah metode dokumentasi, yakni penulis mencatat semua hal yang didapat dari lokasi penelitian yang terkait dengan obyek penelitian.
Hasil dari penelitian memberikan gambaran bahwa pelaksanaan manajemen kurikulum di TPQ Al-Ma’wa desa Kesugihan Kidul adalah dengan menysun standar kompetensi materi ajar dari kelas satu sampai kelas tiga; merumuskan berbagai kemamapuan dari setiap mata pelajaran; memberikan tugas dan tanggung jawab mengajar bagi setiap guru yang memiliki kompetensi; melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan rasional, menggunakan metode pembelajaran yang mendukung;serta adanya evalauasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 06:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 06:59 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/113 |