Nurul, Hidayah (2020) Analisis Faktor Motivasi Belajar PAI Siswa SMA di Kabupaten Cilacap. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (171kB)
BAB II.pdf
Download (103kB)
BAB III.pdf
Download (202kB)
BAB IV.pdf
Download (819kB)
BAB V.pdf
Download (31kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI FULL_ NURUL HIDAYAH.pdf
Download (4MB)
Abstract
Motivasi belajar PAI merupakan faktor pendukung proses belajar untuk mencapai hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, sehingga semakin tinggi motivasi belajar maka semakin baik pencapaian belajarnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor motivasi belajar siswa SMA di Kabupaten Cilacap pada mata pelajaran PAI dan mencari solusi terbaik terhadap masalah-masalah yang muncul. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 158 responden. Untuk menggali data, penelitian ini menggunakan metode angket yang dibagikan kepada responden dengan menggunakan google form untuk diisi. Selain itu untuk memperoleh data yang dapat mendukung penelitian, peneliti menggunaka metode dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua faktor motivasi belajar yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang meliputi: cita-cita atau aspirasi siswa, kemampuan siswa, kondisi siswa, unsur-unsur dinamis dalam belajar. Sedangkan faktor ekstrenal faktor motivasi belajar yaitu upaya guru dalam pemberian tugas. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis Faktor.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Faktor, Motivasi Belajar PAI, Siswa SMA di Kabupaten Cilacap |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:01 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:01 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/120 |