Yuyun, Waringin Syah (2024) EFEKTIVITAS TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN PERENCANAAN KARIR SISWA. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (582kB)
BAB I.pdf
Download (78kB)
BAB II.pdf
Download (173kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (172kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (79kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (107kB)
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf
Download (822kB)
SKRIPSI FULL YUYUN WARINGIN SYAH_OK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kesukaran siswa untuk merencanakan karir dapat ditemukan di lingkungan sekolah. Setiap siswa saat menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat akan menghadapi keputusan untuk melanjutkan pendidikan atau menggeluti dunia kerja. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat perencanaan karir siswa dan untuk mengetahui efektivitas teknik homeroom untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam perencanaan karir.
Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design karena penelitian ini terdiri dari dua kelompok berupa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol untuk dibandingkan. Kedua kelompok akan diberi pengisian angket pre test, selanjutnya diberikan perlakuan/treatment pada kelompok eksperimen saja yang kemudian pada akhiran kedua kelompok diberi pengisian angket post test. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII Pemasaran di SMK N 1 Purwojati dimana sampel diambil dengan teknik random sampling yang kemudian menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, lalu mendapatkan 30 sampel siswa dari hasil penyebaran angket pre-test dalam kategori kemampuan perencanaan karir rendah. Yang mana dari hasil sampel tersebut dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksperimen diberi treatment/perlakuan yaitu dengan menggunakan homeroom sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan treatment/perlakuan apapun, setelah itu dilakukannya pengisian angket post-test.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan perencanaan karir sebelum diberikan treatment adalah rendah dan setelah diberikan treatment terdapat peningkatan yang signifikan dari kemampuan siswa dalam perencanaan karir. Berdasarkan hasil perhitungan pretest-posttest menunjukkan hasil yang signifikan, dimana nilai pre-test 83.47sedangkan hasil post-test 112.13, dilihat dari hasil angket yang mengalami peningkatan pada tingkat kemampuan siswa dalam perencanaan karir. Maka dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas teknik homeroom untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam perencanaan karir di SMK N 1 Purwojati.
===========================================================================
Students' difficulties in planning careers can be found in the school environment. Every student while studying at Senior High School or equivalent will face the decision to continue their education or enter the world of work. The aim of this research is to determine the level of student career planning and to determine the effectiveness of the homeroom technique in improving students' abilities in career planning.
This research used an experimental research method with a quasi-experimental research method whose implementation started from a pre-test on the control and experimental groups, then gave treatment to the experimental group and finally carried out a post-test. The population in this study were students of class XII Pemasaran ub SMK N 1 Purwojati. where the samples were taken using a random sampling technique which then became an experimental group and a control group, then 30 student samples were obtained from the results of distributing pre-test questionnaires in the career planning ability category which was categorized as low. The sample results were divided into two groups, namely the experimental group and the control group, where the experimental group was given treatment, namely by using a homeroom, while the control group was not given any treatment, after that the post-test questionnaire was filled in.
The research results showed that career planning abilities before being given treatment were low and after being given treatment there was a significant increase in students' abilities in career planning. Based on the results of the pretest-posttest calculations, it showed significant results, the result from the pre-test was 83.47, while the result from the post-test was 112.13. Based on the result, it can be seen that the students' abilities in career planning has increased. Thus it concluded that there is the effectiveness of homeroom technique in improving students' abilities in career planning at SMK N 1 Purwojati.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Yuyun Waringin Syah (17862011012) |
Uncontrolled Keywords: | kemampuan perencanaan karir, teknik homeroom, bimbingan kelompok career planning skills, homeroom techniques, group guidance |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bimbingan Konseling (BK) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 29 May 2024 11:52 |
Last Modified: | 29 May 2024 11:52 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/286 |