Siti, Khaefatun Niah (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK MASA ANAK-ANAK (Studi Analisis di MI Salafiyah Cipari). Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (5MB)
1. Halaman Depan_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Download (839kB)
3. bab II_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Download (306kB)
4. bab III_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (119kB) | Request a copy
5. bab IV_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (460kB) | Request a copy
6. bab V_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Download (116kB)
7. Daftar pustaka_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Download (98kB)
8. Daftar lampiran_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Download (4MB)
SKRIPSI FULL SITI KHAEFATUN NIAH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak belajar bersama-sama di sekolah umum dengan memperhatikan keragaman dan kebutuhan individual. Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatah yang seluas-luasnya dan mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, dan tidak diskriminatif kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan (fisik, emosional, mental, sosial) atau memiliki potensi kecerdasan (bakat istimewa) untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan dan mengkaji lebih dalam tentang penerapan pendidikan inklusif di MI Salafiyah Cipari. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi atau perbandingan variabel.
Berdasarkan hasil penelitian lapangan menyatakan bahwa terdapat 5 siswa inklusif di kelas IV B MI Salafiyah Cipari dengan rincian 3 siswa specific learning dan 2 siswa slow learning. Dalam proses pelaksanaan program pendidikan inklusif di MI Salafiyah menggunakan beberapa tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu kelas I dan IV menggunakan kurikulum merdeka dan kelas II, III,V, VI menggunakan kurikulum 2013. Kegiatan pembelajaran di kelas IV B menggunakan model pull out dimana semua siswa reguler dan inklusif belajar bersama dalam ruangan yang sama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Siti Khaefatun Niah (1823221003 ) |
Uncontrolled Keywords: | pendidikan inklusif, pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:51 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:51 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/389 |