PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK MASA ANAK-ANAK (Studi Analisis di MI Salafiyah Cipari)

Siti, Khaefatun Niah (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSIF BAGI PESERTA DIDIK MASA ANAK-ANAK (Studi Analisis di MI Salafiyah Cipari). Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 1. Halaman Depan_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
1. Halaman Depan_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of 3. bab II_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
3. bab II_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4. bab III_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
4. bab III_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. bab IV_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
5. bab IV_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. bab V_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
6. bab V_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 7. Daftar pustaka_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
7. Daftar pustaka_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 8. Daftar lampiran_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf] Text
8. Daftar lampiran_Siti Khaefatun_1823221003_PGMI.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI KHAEFATUN NIAH.pdf] Text
SKRIPSI FULL SITI KHAEFATUN NIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif adalah sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua anak belajar bersama-sama di sekolah umum dengan memperhatikan keragaman dan kebutuhan individual. Pendidikan inklusif bertujuan untuk memberikan kesempatah yang seluas-luasnya dan mewujudkan penyelenggaraan pendidikan yang menghargai keanekaragaman, dan tidak diskriminatif kepada semua peserta didik yang memiliki kelainan (fisik, emosional, mental, sosial) atau memiliki potensi kecerdasan (bakat istimewa) untuk memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Tujuan penelitian ini adalah mendekripsikan dan mengkaji lebih dalam tentang penerapan pendidikan inklusif di MI Salafiyah Cipari. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menjawab persoalan-persoalan fenomena dalam variabel tunggal maupun korelasi atau perbandingan variabel.
Berdasarkan hasil penelitian lapangan menyatakan bahwa terdapat 5 siswa inklusif di kelas IV B MI Salafiyah Cipari dengan rincian 3 siswa specific learning dan 2 siswa slow learning. Dalam proses pelaksanaan program pendidikan inklusif di MI Salafiyah menggunakan beberapa tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku yaitu kelas I dan IV menggunakan kurikulum merdeka dan kelas II, III,V, VI menggunakan kurikulum 2013. Kegiatan pembelajaran di kelas IV B menggunakan model pull out dimana semua siswa reguler dan inklusif belajar bersama dalam ruangan yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Siti Khaefatun Niah (1823221003 )
Uncontrolled Keywords: pendidikan inklusif, pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:51
Last Modified: 21 Jun 2024 03:51
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item
View Item