PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI JATI 02 BINANGUN

Nihaya, Talita Aisyah (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI JATI 02 BINANGUN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NIHAYA TA.pdf] Text
SKRIPSI FULL NIHAYA TA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Proses pendidikan di Indonesia pada abad ke-21 ini mengalami pergeseran sesuai perkembangan zaman. Pembelajaran menggunakan metode konvensional dianggap monoton dan tidak bervariasi sehingga siswa tidak bersemangat dan hasil belajar di bawah KKTP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar dan respon siswa pada mata pelajaran IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri Jati 02 Binangun. Metode penelitian ini yaitu quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jati 02 Binangun sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri Jati 01 Binangun sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 21 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini berbantu microsoft exel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan quizizz pada pembelajaran IPAS memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan yang menggunakan metode paper test hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis independet sample t test diperoleh thitung = 7,079 > ttabel = 2,021 yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dalam hasil posttest serta uji n-gain score didapatkan nilai rata-rata (mean) n-gain score untuk kelas eksperimen = 73,03 termasuk dalam kategori tinggi dengan interpretasi cukup efektif. Penggunaan media pembelajaran quizizz pada pembelajaran IPAS mendapatkan respon yang baik dari siswa beradasarkan hasil angket yang sudah dibagikan setelah pembelajaran dengan hasil analisis derajat pencapaian sebesar 86% yang termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Nihaya Talita Aisyah (19862061018)
Uncontrolled Keywords: quizizz, hasil belajar, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:00
Last Modified: 21 Jun 2024 04:00
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/400

Actions (login required)

View Item
View Item