Nurul, Laeli Hidayah (2024) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS HOTS MATERI KENAMPAKAN ALAM DI KELAS V SD. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
Halaman Depan_LAELI.pdf
Download (1MB)
BAB 1_LAELI.pdf
Download (327kB)
BAB 2_LAELI.pdf
Download (384kB)
BAB 3_LAELI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (722kB) | Request a copy
BAB 4_LAELI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB 5_LAELI.pdf
Download (188kB)
DAFTAR PUSTAKA_LAELI.pdf
Download (409kB)
LAMPIRAN_LAELI.pdf
Download (2MB)
SKRIPSI FULL NURUL LAELI H.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Media Pembelajaran merupakan Sebuah sarana pembelajaran yang digunakan oleh seseorang dengan menggunakan alat yang dibuat untuk memudahkan dalam penyampaian materi ketika mengajar di Sekolah. Hal seperti itu sangat membantu guru dalam mengajar di Sekolah dan merupakan solusi untuk membuat siswa senang ketika belajar dan tidak merasa jenuh. Selanjutnya salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan adalah yakni dengan pengadaan buku ajar dan sarana pembelajaran. Buku merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan siswa, baik di kelas maupun di luar kelas. Keberadaan buku pelajaran dapat mempengaruhi proses pembelajaran yang meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya usaha untuk menjadikan buku sebagai sesuatu yang menarik sehingga akan memberikan sugesti kepada siswa untuk melakukan kegiatan proses belajar mengajar di kelas bersama dengan gurunya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan ensiklopedia berbasis HOTS materi kenampakan alam kelas V. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk bahan ajar berupa Ensiklopedia Berbasis HOTS Materi Kenampakan Alam di Kelas V. Pengembangan ensiklopedia ini dikembangkan dengan model pengembangan yang mengacu pada rancangan penelitian dan pengembangan dari model pengembangan Borg and Gall. Prosedur Pengembangan ensiklopedia ini menggunakan langkah-langkah metode Research and Development Borg and Gall dengan 10 langkah.
Hasil dari penelitian ini yakni Ensiklopedia Berbasis HOTS Materi Kenampakan Alam di Kelas V sangat efektif di gunakan dalam pembelajaran. Pengembangan ensiklopedia pada respon tanggapan siswa tergolong pada kriteria sangat layak dan respon tanggapan guru tergolong pada kriteria sangat layak, hasil validasi ahli bahasa termasuk dalam kriteria layak digunakan, hasil validasi ahli media termasuk dalam kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli meteri termasuk kriteria sangat layak, sehingga ensiklopedia dinyatakan sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan ensiklopedia dalam pembelajaran dapat meningkatnya hasil belajar siswa. Hasil uji t tingkat sig 0.00 < 0,05 maka dapat diperoleh suatu kesimpulan penggunaan ensiklopedia efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Nurul Laeli Hidayah (17862061013) |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Ensiklopedia, HOTS, Kenampakan Alam |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 07:16 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 07:16 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/403 |