PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KWL DAN DRTA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN

Wiwit, Dwi Kartika (2024) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KWL DAN DRTA UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of Bab 1_PDF.pdf] Text
Bab 1_PDF.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Bab 2_PDF.pdf] Text
Bab 2_PDF.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of Bab 3_PDF.pdf] Text
Bab 3_PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4_PDF.pdf] Text
Bab 4_PDF.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5_PDF.pdf] Text
Bab 5_PDF.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_PDF.pdf] Text
Daftar Pustaka_PDF.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WIWIT KART.pdf] Text
SKRIPSI FULL WIWIT KART.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan zaman, sudah banyak siswa yang sudah mengenal alat elektronik seperti handphone maupun laptop/komputer. Ketergantungan siswaa dengan handphone berakibat pada motivasi belajar siswa akan menurun. Pada kurikulum merdeka siswa dituntut untuk belajar dan guru memberikan media pembelajaran baru yang berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter serta kompetensi siswa. Penggunaan media akan berkontribusi terhadap kelancaran pada pencapaian tujuan pembelajaran yang dapat menjadikan siswa lebih termotivasi untuk mengikuti proses belajar. Untuk pembuatan media yang dapat diakses melalui handphone, laptop, maupun media cetak sekalipun dibutuhkan sebuah platform atau software yang mendukung dalam pengembangan maupun penerapannya. Dalam hal ini peneliti menggunakan salah satu software yang mudah diakses oleh siapa saja yakni software Canva. Salah satu media pembelajaran yang dapat dibuat pada software Canva yaitu pengembangan modul berbasis KWL dan DRTA untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD. Media ini dapat menampilkan teks dan gambar yang menarik serta assesmen yang yang diharapkan dapat membantu membangun motivasi belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran modul berbasis KWL dan DRTA dan menganalisis kelayakan serta kepraktisan media dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada materi ide pokok dan ide pendukung mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development/ RnD). Model penelitian menggunakan ADDIE yang terdiri dari Analyze (analisis), Design (desain), Develop (Pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).
Hasil yang diperoleh selama penelitian berdasarkan hasil penilaian dari para ahli, yaitu ahli materi memperoleh 84,3% dengan kriteria sangat layak, ahli media memperoleh 91,07% dengan kriteria sangat layak, serta ahli bahasa memperoleh 75% dengan kriteria layak sehingga media dapat dilakukan pengujian pada tahap selanjutnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran Kelas IV SD. Kepraktisan penggunaan media pembelajaran modul berbasis KWL dan DRTA terlihat dari uji kepraktisan guru dan siswa yang menunjukkan nilai kepraktisan guru 94,4% dengan kriteria sangat praktis dan nilai kepraktisan siswa 93,8% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi pengembang media dan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan keterampilan membaca pemahaman di tingkat sekolah dasar.
===========================================================================
Along with the times, many students are already familiar with electronic devices such as cellphones and laptops/computers. The dependence of students on cellphones results in decreased motivation to learn. In the independent curriculum, students are required to learn and teachers provide new learning media that focus on essential material and character development and student competencies. The use of media will contribute to the smooth achievement of learning objectives which can make students more motivated to take part in the learning process. For the creation of media that can be accessed via cellphones, laptops, or even printed media, a platform or software that supports its development and application is needed. In this case, researchers use one of the software that is easily accessible to anyone, namely Canva software. One of the learning media that can be made on Canva software is the development of KWL and DRTA-based modules for Indonesian Language subjects in Grade IV SD. This media can display interesting text and images as well as assessments that are expected to help build students' learning motivation.
The purpose of this research is to develop KWL and DRTA-based module learning media and analyze the feasibility and practicality of media in improving reading comprehension skills on main ideas and supporting ideas of Indonesian language subjects. The research method used is research and development (RnD). The research model uses ADDIE which consists of Analyze, Design, Develop, Implementation, and Evaluation.
The results obtained during the research based on the assessment results from experts, namely material experts obtained 84.3% with very feasible criteria, media experts obtained 91.07% with very feasible criteria, and linguists obtained 75% with feasible criteria so that the media could be tested at the next stage. This shows that the media developed is suitable for use in Class IV elementary school learning. The practicality of using KWL and DRTA-based module learning media can be seen from the teacher and student practicality tests which show a teacher practicality value of 94.4% with very practical criteria and a student practicality value of 93.8% with very practical criteria. The results of this study can be used as guidelines for media developers and teachers in designing effective learning strategies to develop reading comprehension skills at the elementary school level.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Wiwit Dwi Kartika (19862061027)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media, Modul Berbasis KWL dan DRTA, Keterampilan Membaca Pemahaman Media Development, KWL and DRTA Based Module, Reading Comprehension Skills
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:19
Last Modified: 21 Jun 2024 07:19
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item
View Item