Ketepatan dan Keefektifan Strategi Card Sort dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas III (Tiga) di MI Ya BAKII Kesugihan 01

Ahimmatul, Ulafi (2020) Ketepatan dan Keefektifan Strategi Card Sort dalam Pembelajaran Fiqih pada Siswa Kelas III (Tiga) di MI Ya BAKII Kesugihan 01. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (573kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL_AHIMATUL ULAFI_PAI20.pdf] Text
SKRIPSI FULL_AHIMATUL ULAFI_PAI20.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu masalah pokok dalam pembelajaran pada pendidikan formal (sekolah) dewasa ini adalah masih rendahnya daya serap peserta didik. Hal ini nampak rerata hasil peserta didik yang masih senantiasa memprihatinkan. Prestasi ini tentunya merupakan hasil kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan tidak mrnyentuh ranah dimensi peserta didik itu sendiri, yaitu bagaimana sebenarnya belajar itu (belajar untuk belajar). Dalam arti substansial bahwa proses pembelajaran hingga saat ini masih memberikan dimensi guru dan tidak memberikan akses bagi anak didik untuk berkembang secara mandiri melalui penemuan dan proses berpikirnya.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah Kepala MI Ya BAKII Kesugihan 01, Guru kelas III (Tiga) MI Ya BAKII Kesugihan 01, dan Siswa Kelas III (Tiga) di MI Ya BAKII Kesugihan 01.
Hasil penelitian tentang Strategi card sort yang digunakan dalam proses belajar mengajar di MI Ya BAKII Kesugihan 01 yang dalam hal ini dilakukan melalui home visit dilaksanakan dengan perencanaan yang baik. Pembelajaran berjalan dengan kondusif dan siswa dapat memahami materi yang di ajarkan dengan baik. Ketepatan dan Keefektifan Strategi card sort dalam pembelajaran Fiqih dikatakan tepat dan efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang lebih aktif dan lebih tertarik mengikuti pelajaran dan lebih mudah memahami materi yang di ajarkan. Hal tersebut ditunjukan dari hasil evaluasi peserta didik dengan nilai tertinggi 95 dan terendah 70. Dan ditunjukan pula dengan tercapainya tujuan-tujuan pembelajaran yang sudah direncanakan. Baik dalam hal waktu, sarana prasarana, dan proses pembelajaran yang berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Card Sort
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:56
Last Modified: 21 Feb 2024 06:56
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item
View Item