Siti, Zaenab (2021) Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman Menggunakan Teknik Probing Prompting Kelas IV MI Ma’arif NU 01 Kalisabuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (706kB)
BAB I.pdf
Download (426kB)
BAB II.pdf
Download (459kB)
BAB II.pdf
Download (459kB)
BAB III.pdf
Download (493kB)
BAB IV.pdf
Download (893kB)
BAB V.pdf
Download (296kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (3MB)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
SKRIPSI FULL_SITI ZAINAB_PGMI.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar tema 1 subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman kelas IV di MI Ma’arif NU 01 Kalisabuk menggunakan teknik probing-prompting. Penelitian ini dilakukan karena pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode konvensional sehingga peserta didik mendapatkan nilai hasil belajar yang buruk dan tidak mencapai ketuntasan minimal yang telah ditetapkan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dengan proses penelitian (1) pembelajaran menggunakan teknik probing-prompting (2) merencanakan tindakan pada siklus II berdasarkan hasil refleksi siklus I.
Indikator penelitian menyatakan adanya peningkatan hasil belajar peserra didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Ma’arif NU 01 Kalisabuk semester ganjir tahun 2020/2021, yang berjumlah 18 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar pra siklus persentase tuntas yaitu dengan kriteria minimal 68 hanya mencapai 56% dan tidak tuntas 44%. Kemudian hasil penelitian siklus I persentase tuntas mencapai 94% dan tidak tuntas 1%. Pada siklus kedua semua peserta didik mencapai persentase tuntas 100%. Hal ini menunjukkan pembelajaran menggunakan teknik probing prompting berlangsung dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Ma’arif NU 01 Kalisabuk secara signifikan dengan meningkatkan presentase ketuntasan hasil belajar pada setiap siklusnya. Oleh karena itu disarankan kepada guru dalam mengajarkan materi hendaknya mengedepankan penggunaan teknik belajar probing-prompting.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penelitian Tindakan Kelas, Probing Prompting |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 07:02 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 07:02 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/128 |