STRATEGI PENYIARAN DI YES RADIO CILACAP DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR PADA PROGRAM KAJIAN ISLAM

Nadya, Nadya (2023) STRATEGI PENYIARAN DI YES RADIO CILACAP DALAM MENINGKATKAN MINAT PENDENGAR PADA PROGRAM KAJIAN ISLAM. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I SKRIPSI.pdf] Text
BAB I SKRIPSI.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of BAB II SKRIPSI.pdf] Text
BAB II SKRIPSI.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB III SKRIPSI.pdf] Text
BAB III SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV SKRIPSI.pdf] Text
BAB IV SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V SKRIPSI.pdf] Text
BAB V SKRIPSI.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of LAMPIRAN SKRIPSI PDF.pdf] Text
LAMPIRAN SKRIPSI PDF.pdf

Download (515kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PDF NADYA-OK.pdf] Text
SKRIPSI FULL PDF NADYA-OK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Radio merupakan salah satu media elektronika yang bersifat auditif yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Dimana media ini berperan sebagai komunikasi untuk menyampaikan pesan berupa informasi, berita dan hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan luas. Dengan kemajuan ini perkembangan teknologi industri penyiaran saat ini begitu pesat. Regulasi bidang penyiaran yang membawa berbagai perubahan memberikan tantangan baru bagi pengelola media penyiaran, teknologi penyiaran saat ini telah mencapai persaingan yang sangat tajam. Dengan berkembangnnya zaman dan kemajuan teknologi yang telah tersedia berbagai platform yang mampu mengakses informasi lebih mudah dengan jangkauan yang luas ke penjuru dunia Sehingga kini radio sudah mulai ditinggalkan. Maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan untuk mempertahankan pendengar dengan menggunakan landasan teori startegi gabungan oleh Susan Tyler Eastman dan strategi Morissan yang ditinjau dalam aspek Manajemen.
Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data, dokumentasi dan wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif untuk mengetahui strategi di Yes Radio 104,2 FM Cilacap dalam menyiarkan program Kajian Islam untuk mempertahankan pendengar di era pesat pesaing.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Yes Radio Cilacap telah mengimplementasikan beberapa strategi penyiaran yang efektif pada program Kajian Islam dalam mempertahankan pendengar dengan beberapa strategi penyiaran oleh Susan Tyler Eastman dan Morissan dimana strategi tersebut strategi penyiaran. (1) perencaan program Kajian Islam disesuaikan dengan target pendengar dari hasil survey ke masyarakat. (2) Kesesuaian antara penjadwalan dengan kebutuhan pendengar terpenuhi dengan penjadwalan yang konsisten dan selalu memenuhi atensi dari pendengar. (3) Pembentukan kebiasaan pendengar dengan jadwal yang teratur dan sajian adlips dan spot iklan. (4) selalu melakukan pengontrolan arus pendengar melalui pengawasan lewat log siaran dan pegawasan ketika siaran Kajian Islam sedang berlangsung serta melakukan evaluasi setiap satu minggu sekali. (5) Memperhatikan daya penarik masa untuk selalu mensajikan siaran dengan standart mutu yang nantinya program yang disiarkan terjamin berkualitas. Selain itu, Yes Radio Cilacap juga menggunakan berbagai platform media sosial sebagai sarana promosi dan interaksi dengan pendengar. Mereka memanfaatkan platform seperti Facebook, Instagram, dan Youtube untuk memberikan cuplikan program Kajian Islam, mengadakan diskusi daring dan merespons umpan balik dari pendengar.
===========================================================================
Radio is one of the auditive electronic media that can be enjoyed by the public. Where this media acts as a communication to convey messages in the form of information, news and entertainment to the public with a wide range. With this progress the development of broadcasting industry technology is currently so rapid. Broadcasting regulations that bring about various changes provide new challenges for broadcast media managers, current broadcasting technology has achieved very sharp competition. With the development of the times and advances in technology, various platforms have been made available that are able to access information more easily with a wide reach throughout the world. So now radio is becoming obsolete. Therefore, the purpose of this study is to find out what strategies are used to retain listeners using the theoretical basis of a combined strategy by Susan Tyler Eastman and Morrisan's strategy which is reviewed in the management aspect.
This research method uses qualitative research methods by conducting data collection techniques, documentation and interviews. The data were analyzed using descriptive analysis to find out the strategy on Yes Radio 104.2 FM Cilacap in broadcasting the Islamic Studies program to retain listeners in the era of fast competition.
The results of the study show that Yes Radio Cilacap has implemented several effective broadcasting strategies in the Islamic Studies program in retaining listeners with several broadcasting strategies by Susan Tyler Eastman and Morrisan where these strategies are broadcasting strategies. (1) the planning of the Islamic Studies program is adjusted to the target audience from the survey results to the community. (2) Conformity between the schedule and the needs of the listeners is met by scheduling that is consistent and always meets the attention of the listeners. (3) Formation of listener habits with regular schedules and presentation of adlips and advertising spots. (4) always controlling the flow of listeners through monitoring via broadcast logs and monitoring when Islamic Studies broadcasts are in progress and conducting evaluations once a week. (5) Paying attention to the attractiveness of the masses to always present broadcasts with quality standards so that the quality of the programs broadcast will be guaranteed. In addition, Yes Radio Cilacap also uses various social media platforms as a means of promotion and interaction with listeners. They utilize platforms such as Facebook, Instagram and Youtube to provide footage of the Islamic Studies program, hold online discussions and respond to feedback from listeners.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Nadya (1923311024)
Uncontrolled Keywords: Analisis Strategi Penyiaran radio , Program radio, Teori strategi Susan Tyler Eastman dan Teori startegi Morissan Radio Broadcasting Strategy Analysis, Radio program, Susan Tyler Eastman's strategy theory and Morrisan's strategy theory
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Teguh Wibowo
Date Deposited: 29 May 2024 12:28
Last Modified: 29 May 2024 12:28
URI: http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/355

Actions (login required)

View Item
View Item