Fajri, Akhla Sabilah (2022) STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT KILANG PERTAMINA INTERNASIONAL REFINERY UNIT IV CILACAP DALAM MEMPERKUAT PEMBERDAYAAN PASAR SEMOK (SMALL ENTERPRISE MEDIUM OF KEMIREN ASRI) DI KELURAHAN TEGALKAMULYAN KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (786kB)
BAB I.pdf
Download (208kB)
BAB II.pdf
Download (177kB)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (613kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (15kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (69kB)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI FULL_FAJRI AKHLA SABILAH-OK.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap sebagai perusahaan energi global, memiliki komitmen keberlanjutan untuk memperkuat pembangunan sosial dengan menjalankan program TJSLP (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan) PERTAMINA melalui pemberdayaan masyarakat berkelanjutan yang bertujuan mewujudkan kemandirian ekonomi masyarakat dengan pembentukan dan pembinaan Unit Mikro Kecil (UMK) yang dijalankan melalui Program Pendanaan UMK sehingga mendorong UMK naik kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap dalam mengelola hubungan dengan kelompok Kemiren Asri, serta strategi dan faktor-faktor dalam memperkuat pemberdayaan Pasar SEMOK (Small Enterprise Of Kemiren Asri). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penyajian yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang telah disajikan, pemberdayaan masyarakat yang bertahap dalam Kampung Kemiren, telah membuahkan banyak hasil yang bermanfaat untuk masyarakat. Kondisi yang unik dan memiliki value chain di mana segala kegiatan yang ada di Kemiren Asri memiliki keterkaitan, dan membentuk sistem zero waste, di mana tidak ada limbah yang terbuang dari segala kegiatan produksi Kelompok Kemiren Asri. Untuk mengembangkan Kemiren pada tahapan yang lebih tinggi, perusahaan bersama masyarakat mengembangkan pemasaran produk Kemiren Asri melalui Pasar SEMOK (Small Enterprise Medium Of Kemiren).
Demi mencapai keberhasilan dalam setiap kondisi yang dihadapi perusahaan, PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap menggunakan empat langkah strategi public relations dalam menjalankan program CSR yaitu dimulai dari tahap perencanaan, implementasi, monitoring, dan evaluasi. Sistem implementasi program Pasar SEMOK yang diinisiasi oleh PT Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap dan Kelompok Kemiren Asri dari hasil evaluasi, serta melibatkan seluruh stakeholder dalam memberikan akses dan dukungan untuk mendorong komunitas swadaya.
===========================================================================
PT Kilang Pertamina International RU IV Cilacap as a global energy company, has a sustainability commitment to strengthen social development by running the PERTAMINA CSR (Corporate Social and Environmental Responsibility) program through sustainable community empowerment aimed at realizing community economic independence by establishing and fostering Micro Small Units (UMK) which is run through the UMK Funding Program so as to encourage UMK to upscale. This study aims to determine the public relations strategy of PT Kilang Pertamina International RU IV Cilacap in managing relationships with the Kemiren Asri Group, as well as strategies and factors in strengthening the empowerment of the SEMOK (Small Enterprise Medium Of Kemiren Asri) Market. This research is a type of field research conducted using a qualitative approach. The presentation method used in the research is through observation, interviews, and documentation.
From the research results that have been prosented, the gradual community empowerment in Kemiren Village has produced many beneficial results for the community. A unique condition and has a value chain where all activities in Kemiren Asri are related, and form a zero waste system, where no waste is wasted from all production activities of the Kemiren Asri Group. To develop Kemiren at a higher stage, the company together with the community developed the marketing of Kemirean Asri product through SEMOK Market (Small Enterprise Medium Of Kemiren Asri).
In order to achieve success in every condition faced by the company, PT Kilang Pertamina International RU IV Cilacap uses four steps of public relations strategy in carrying out CSR programs, starting from the planning, implementation, monitoring, and evaluation stages. The SEMOK Market program implementations system was initiated by PT Kilang Pertamina International RU IV Cilacap and the Kemiren Asri Group from the evaluation results, and involved all stakeholders in providing access and support to encourage self-help communities.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Fajri Akhla Sabilah (1823311016) |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Public Relations, Pemberdayaan Masyarakat, Kemiren Asri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Keagamaan Islam (FKI) > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:26 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:26 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/362 |