Meiana, Setyaningsih (2024) PENGARUH METODE READING GUIDE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK SISWA KELAS II SD. Other thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (817kB)
MEIANA_SKRIPSI BAB 1..pdf
Download (148kB)
MEIANA_SKRIPSI BAB 2 .pdf
Download (85kB)
MEIANA_SKRIPSI BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (147kB) | Request a copy
MEIANA_SKRIPSI BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB) | Request a copy
MEIANA_SKRIPSI BAB 5.pdf
Download (9kB)
MEIANA_SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (138kB)
MEIANA_SKRIPSI LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI FULL MEIANA SETYANINGSIH.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Siswa mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman, yang mempengaruhi partisipasi dan hasil belajar. Pendekatan pembelajaran yang berfokus pada ceramah dan diskusi terbukti kurang efektif, menyebabkan siswa menjadi pendengar pasif. Salah satu solusinya adalah penyesuaian strategi pembelajaran dengan kebutuhan siswa, dengan mengusulkan metode reading guide. Diharapkan, interaksi siswa dengan teks melalui pertanyaan dapat meningkatkan keterampilan membaca dan memberikan dampak positif pada prestasi belajar keseluruhan.
Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode reading guide terhadap keterampilan membaca untuk siswa kelas II. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain true eksperimental yang menggunakan pretest posttest control group design.
Hasil yang diperoleh selama penelitian didapatkan nilai t hitung yang diperoleh (-3,737 dan -18,54) terbukti lebih besar daripada nilai t tabel yang ditetapkan (2,131). Oleh karena itu, hipotesis nol (Ho) ditolak, sementara hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya, terdapat peningkatan pemahaman yang signifikan di kelas eksperimen, sementara di kelas kontrol tidak terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode reading guide memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas II SDN Pesanggrahan 01. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan metode reading guide efektif sebagai upaya untuk mengatasi masalah rendahnya keterampilan membaca di kalangan siswa.
===========================================================================
Students face difficulties in reading comprehension, impacting their participation and academic achievement. The teaching approach focusing on lectures and discussions has proven to be less effective, resulting in passive listening among students. The solution is adjusting the teaching strategy to meet students' needs by proposing the reading guide method. It is expected that the interaction with the text through questions will enhance reading skills and have a positive impact on overall learning achievement.
The objective of this research is to determine the influence of the reading guide method on reading skills for second-grade students. The research method employed is quantitative, using a true experimental design with a pretest-posttest control group design.
The obtained results during the research revealed a calculated t-value (- 3.737 and -18.54), significantly larger than the established t-table value (2.131). Consequently, the null hypothesis (Ho) is rejected, while the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This implies a significant improvement in comprehension in the experimental class, while no significant improvement occurred in the control class. Therefore, it can be concluded that the implementation of the reading guide method has a significant impact on improving reading skills for second-grade students at SDN Pesanggrahan 01. These findings indicate that the use of the reading guide method is effective in addressing the issue of low reading skills among students.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | Meiana Setyaningsih (19862063007) |
Uncontrolled Keywords: | Metode, Reading Guide, Keterampilan Membaca Method, Reading Guide, Reading Skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Guru SD (PGSD) |
Depositing User: | Teguh Wibowo |
Date Deposited: | 21 Jun 2024 03:56 |
Last Modified: | 21 Jun 2024 03:56 |
URI: | http://eprints.unugha.ac.id/id/eprint/397 |